23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Polisi Bubarkan Kerumunan Aksi Unjuk Rasa PT SAI Mojokerto

Polisi Bubarkan Kerumunan Aksi Unjuk Rasa PT SAI Mojokerto

By on 26 January 2021 0 108 Views

Ket gbr: Ribuan warga yang juga merupakan buruh pabrik, nampak berkerumun, di depan pabrik kabel PT SAI Mojokerto, mereka menggelar aksi unjuk rasa dan menuntut managemen perusahaan tersebut.

ROC — Polemik yang terjadi antara PT Surabaya Autocomp dengan warga Desa Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, terkait masalah pengelolaan avalan akhirnya berbuntut panjang.

Warga kembali menggelar aksi unjuk rasa, dipabrik kabel kendaraan yang memasuki kawasan Ngoro Industri Persada (NIP), pada Senin (25/1).

Dalam aksi tersebut, warga memblokade serta memasang gembok pada pintu gerbang pabrik. Akibatnya, ribuan buruh yang masih berada diluar, tidak bisa masuk kerja.

Aksi demonstrasi warga ini berlangsung sejak siang hari, mereka menuntut agar pihak desa dapat mengelolah avalan Perusahaan Modal Asing (PMA) asal Jepang.

Buruh yang sebelumnya kerja shif pagi tidak bisa keluar pabrik, sedangkan shif malam tidak bisa masuk juga. Sehingga kondisi ini mengharuskan para buruh yang pekerjanya kebanyakan perempuan menunggu diluar pabrik hingga malam hari.

Dengan sigap kepolisian langsung membubarkan kerumunan tersebut. Pengamanan diperketat untuk menghindari atau mengantisipasi gesekan amtara warga, buruh maupun pihak perusahaan.

Dalam aksi tersebut, protokol kesehatan tak lagi diperhatikan. Ini terlihat dari ribuan buruh nampak sudah tidak menjaga jarak lagi. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran akan rentan terjadinya penularan serta penyebaran Covid-19.

Kanitreskrim Polsek Ngoro Ipda Selimat menegaskan bahwa blokade warga terhadap karyawan PT SAI langsung dibubarkan oleh petugas, hingga tengah malam kondisi sudah berjalan baik dan kondusif.

Buruh yang sebelumnya tertahan diluar pabrik akhirnya sudah bisa masuk serta beraktivitas seperti biasanya. Dan juga mereka yang tertahan didalam pabrik juga sudah bisa keluar dan langsung pulang. (HP)

idj/idj

 

 

👉Terimakasih sudah membaca & membagikan link republik-online.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *