24 October 2020
  • 24 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Polisi akan Segera Tambah 57 E-TLE di Seluruh Ruas Jalan di Jakarta

Polisi akan Segera Tambah 57 E-TLE di Seluruh Ruas Jalan di Jakarta

By on 5 December 2019 0 186 Views

Jakarta, ROC – Polda Metro Jaya meluncurkan pelayanan aplikasi publik E-TLE untuk menangani permasalahan-permasalahan di Jakarta. Fitur ini telah diterapkan sejak bulan November 2018.

Sebanyak 12 kamera telah ditempatkan di kawasan Sudirman-Thamrin. Rencananya, 57 E-TLE tambahan akan segera dipasang di seluruh ruas jalanan di Jakarta akhir tahun ini.

“Kita sedang mengembangkan dari 2 menjadi 12 di Jalan Sudirman dan akan ditambah sebanyak 45 E-TLE dalam dekat ini sebelum akhir tahun. Dan tahun 2020 ditambah 48 di wilayah DKI Jakarta,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy di Polda Metro Jaya, Kamis (5/12).

Target 105 Kamera E-TLE

Gatot menyampaikan nantinya akan ada 105 E-TLE yang akan mengawasi jalanan di DKI Jakarta. Selain itu pengembangan dari E-TLE yaitu dapat menangkap pengendara yang menggunakan alat komunikasi serta mendeteksi kendaraan bermotor yang terkait kriminalitas.

“Kalau tadinya hanya mengcapture rambu lalu lintas dan marka jalan, kini dapat melihat pengemudi yang menggunakan handphone atau tidak memakai safety belt,” papar Gatot.

Selain itu, polisi juga bekerjasama dengan BUMN dan BUMD dalam memasang E-TLE di jalur busway. Nantinya kendaraan bermotor yang masuk ke jalur busway akan terekam di E-TLE dan surat tilang akan dikirimkan ke alamat dari nomor polisi yang tercatat.

“Akan memasang E-TLE di TransJakrta juga, baru 2 sebentar lagi 12 titik akan dipasang. Yang masuk akan langsung tercapture dan akan membantu steril jalur TransJakarta,” ujarnya.

Kelebihan Kamera E-LTE

Gatot memaparkan kelebihan E-TLE mempunyai kemampuan vehicle recognation, yaitu mencatat nomor polisi yang sudah pernah terkena tilang. Dia berharap adanya kemampuan ini nantinya aksi pencurian motor akan berkurang.

Selain itu, Gatot menyampaikan pihaknya akan bekerjasama dengan Jasa Marga dan akan memasang E-TLE di seluruh ruas Tol di Jakarta.

“Selain di TransJakarta juga di jalan-jalan tol sekarang ada 2 titik kita pasang. Pada titik tersebut kalau masuk jalan tol bahwa kendaraan ini pernah di tilang dan belum bayar pajaknya akan terlihat,” tutup Gatot.

Diketahui, sejak tanggal 1 November 2018 hingga November 2019 sistem E-TLE berhasil menindak 54.074 melanggar, yang mana 25.459 sudah melakukan konfirmasi dan melakukan pembayaran, dan sebanyak 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya dan sebanyak Rp3.916.450.000 denda tilang diserahkan ke negara.

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *