26 March 2019
  • 26 March 2019
Breaking News

Pilgub Jatim, Khofifah Sujud Syukur Gus Ipul Masih Optimistis

By on 28 June 2018 0 40 Views

Surabaya, ROC – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak berdasarkan hasil quick count berhasil menang atas pasangan nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Sukarno.

Menurut Khofifah, sambil bersujud syukur mengakatan bahwa keunggulan dirinya bersama Emil adalah kemenangan masyarakat Jawa Timur. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Jawa Timur sehingga proses pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan lancar.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh elemen, kepada masyarakat Jawa Timur yang sudah menjalankan proses demokrasi dengan sangat baik, kampanye berjalan damai, Pilkada hari ini berjalan damai,” ujarnya.

Khofifah menyebut bahwa hasil hitung cepat telah menjadi salah satu indikasi dalam proses prediksi terhadap perolehan suara resmi yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Khofifah mengaku akan menunggu hasil perhitungan resmi yang akan dimulai dari malam ini.

“Jadi selanjutnya Kami akan menunggu bagaimana proses penghitungan yg dilakukan mulai malam ini di Kecamatan, berlanjut kabupaten, kota, dan akan berakhir di tingkat provinsi,” kata dia.

Menyikapi hal tersebut,  Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jatim Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno masih optimistis pada hasil akhir penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim. Ada sejumlah alasan di balik optimismenya tersebut.

Pertama, Saifullah menganggap bahwa angka quick count mengandung dua unsur. Yakni, elektabilitas dan swinger votter. Maksudnya, swinger votter adalah kecenderungan pemilih yang mendadak mengubah pilihannya saat akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Misalnya jika calon lain lebih unggul 2 persen dibanding dirinya dan Puti, maka ada unsur swinger votter. 2 Persen tetap merupakan potensi kemenangan yang besar.

“Ada orang yang belum menentukan pilihan dan jumlahnya besar sekali,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu di kediamannya, The Gayungan Blok A, Surabaya, Rabu (27/6).

Hingga kini, Gus Ipul masih berkoordinasi dengan timnya di setiap kabupaten dan kota. Dia menunggu laporan penghitungan C1 (surat suara) dari TPS se-Jatim.

Jika hasil laporan tim dari TPS sudah didapat, Gus Ipul akan melakukan evaluasi dan analisa. Selanjutnya akan menyerahkan hasil analisanya ke KPU.

“Hasilnya akan kami sampaikan ke publik beberapa waktu ke depan. Sembari menunggu hasil rekapitulasi atau penghitungan resmi dari KPU,” ujar Gus Ipul. [HD/CNN/JP]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *