20 August 2019
  • 20 August 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Peringati Hari Santri, Pemkab Jombang Adakan Apel dan Kirab

Peringati Hari Santri, Pemkab Jombang Adakan Apel dan Kirab

By on 25 October 2018 0 174 Views

Jombang, ROC – Hari Santri Nasional tahun 2018 diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Jombang dengan mengadakan apel serta kirab yang dipimpin langsung oleh Bupati Jombang, Mundjidah Wahab di alun alun Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang, menyampaikan keputusan Presiden Republik Indonesia no 22 tahun 2015 yang menetapkan pada tanggal 22 oktober sebagai Hari Santri Nasional.

“Dalam ketetapan tersebut merupakan wujud penghormatan negara kepada para ulama, santri serta pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan pemikiran, negosiasi serta gerakan resolusi jihad,” ujarnya.

Beliau mengatakan, bahwa ada tiga warisan nilai perjuangan baik yang ada dipesantren maupun diluar pesantren adalan menjadi santri. Santri berperan dan bermanfaat untuk pembangunan negara.

“Tantangan negara saat ini adalah menguatkan kedaulatan serta kesejahteraan warga dengan memegang prinsip santri yang bekerja sama menjaga persatuan, kesatuan, toleransi dan saling menghormati,” papar Mundjidah.

Baca Juga : Silaturahmi Nasional Syarikat Islam, Bangun Perekonomian dan Sejahterakan Masyarakat Indonesia

Lanjutnya, kebebasan berpendapat merupakan modal dasar bagi pembangunan. Tetapi tetap harus merawat kemajemukan dengan menjaga silaturahmi sesama, jauhkan dari prasangka buruk, ujar kebencian, menyebarkan berita hoax yang mengakibatkan permusuhan.

“Untuk mencapai kesejahteraan warga dikabupaten jombang kita semua perlu kerjasama sesuai dengan tupoksi masing-masing. Bekerja secara profesional serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkas beliau.

Usai melakukan apel bersama Bupati Jombang yang didampingi oleh wakilnya beserta jajaran forkopimda memberangkatkan peserta Kirab yang start dimulai dari alun-alun serta finish di stadion Merdeka Jombang.

Kurang lebih sebanyak 22 ribu pelajar mengikuti apel dan kirab tersebut. Turut hadir pula Wakil Bupati, Pj Sekda, Forkopimda, Kepala Opd, dan Ketua NU jombang serta pengasuh Pondok Pesantren di Jombang. (Har/Hp)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *