31 May 2020
  • 31 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Percakapan Jokowi dan Trump, Ini Bocorannya

Percakapan Jokowi dan Trump, Ini Bocorannya

By on 11 May 2020 0 45 Views

Foto: Ilustrasi

Jakarta, ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, soal relokasi pabrik-pabrik AS dari China ke Indonesia. Pemerintah sedang menyiapkan lahan 4.000 hektare di Jawa Tengah. Lahan itu khusus disediakan untuk kawasan ekonomi khusus untuk industri farmasi dan alat kesehatan.

“Presiden Jokowi bicara dengan Presiden Trump, sekarang Presiden Trump dengan Indonesia. Karena dia berantem dengan Tiongkok, dia mau relokasi industrinya, saya diminta presiden untuk bicara nanti sama pembantu Presiden Trump,” kata Menko Bidang Kemaritimann dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (10/5).

Soal lokasi 4.000 hektare di Jawa Tengah klop dengan pengembangan kawasan industri di Brebes, Jawa Tengah. Pemerintah pusat melalui, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyiapkan 27 kawasan industri baru yang akan dibangun dalam kurun waktu 2020-2024. Salah satu daerah yang akan dibangun kawasan industri, yaitu di Brebes, Jawa Tengah.

Pemda Brebes punya rencana pengembangan Kawasan Industri Brebes (KIB) seluas 3.976 hektare dan untuk Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB) seluas 5.070 hektare. Kawasan industri ini akan membentang dari kecamatan Losari, Tanjung hingga Bulakamba.

Dalam catatan resmi Pemkab Brebes, sebanyak 39 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha telah mendaftar sebagai penghuni Kawasan Industri Brebes sampai November 2019. Sebanyak 24 investor yang telah mendirikan pabrik di Kabupaten Brebes, selebihnya masih dalam proses perizinan sebanyak 12 perusahaan hingga akhir 2019.

Salah satunya PT Bintang Indokarya Gemilang. Perusahaan yang memproduksi sepatu merek terkenal telah beroperasi di Brebes sejak 2015 dengan jumlah karyawan mencapai 5 ribu orang. Ribuan tenaga kerja yang diserap pabrik sepatu yang buyernya adalah Adidas itu sebagian besar berasal dari Brebes dan sekitarnya.

Pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB) merupakan amanat Presiden Joko Widodo, untuk menjadikan Brebes sebagai kawasan industri baru yang akan mendorong tumbuhnya investasi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sekaligus upaya mengurangi kemiskinan. Kawasan Brebes memiliki keunggulan di kawasan Pesisir dan upah minimum ang relatif masih rendah dibandingkan wilayah Indonesia lainnya.

KIB merupakan proyek strategis nasional yang digadang-gadang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi 7 persen. Selain KIB, dua proyek srategis nasinal lainnya yang berada di Jateng yaitu, penegembangan Kawasan Ekonomi Kendal dan Kawasan Strategis Nasional (KSPN) Borobudur.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *