26 March 2019
  • 26 March 2019
Breaking News

Penahanan Habib Bahar Diperpanjang Polisi

By on 16 January 2019 0 38 Views

Jakarta, Roc – Polda Jabar memperpanjang masa penahanan Habib Bahar bin Smith selama 40 hari ke depan. Hal itu dilakukan untuk kepentingan perlengkapan berkas perkara kasus dugaan penganiayaan dilakukannya.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, penyidik Polda Jabar masih melengkapi berkas perkara Habib Bahar setelah sebelumnya dinyatakan belum lengkap oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. Penahanan tersangka penganiayaan remaja itu diperpanjang untuk melengkapi berkas perkara yang sebelumnya dikembalikan jaksa.

“(Penahanan Bahar) sudah diperpanjang. Kami sedang melengkapi berkas. Saat pelimpahan tahap pertama, jaksa Kejati Jabar menyatakan berkas belum lengkap sehingga dikembalikan ke penyidik,” kata Agung ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (16/1).

Menurut dia, permohonan perpanjangan penahanan sudah sesuai dengan aturan dalam KUHP yang menyatakan bahwa penyidik Polri memiliki kewenangan untuk meminta perpanjangan penahanan. Berkas perkara ditargetkan selesai dan lengkap dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan minggu depan sudah selesai,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa perpanjangan dilakukan selama 40 hari. “Kita minta selama 40 hari. Kita minta maksimal untuk pemberkasan,” kata Truno.

Seperti diketahui, Habib Bahar bin Smith dijerat empat pasal sekaligus, yakni Pasal 170, 351, 333 KUHP dan Pasal 80 Undang-undang Perlindungan Anak. Dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun.

Semua itu terjadi setelah Habib Bahar diduga menganiaya dua remaja bersama sejumlah orang suruhannya. Aksi itu dilakukan tersangka lantaran kesal dua remaja itu mengaku sebagainya kepada panitia sebuah acara di Seminyak Bali. [spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *