28 October 2020
  • 28 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Pemerintah : Angka Kesembuhan Global Sekitar 50 Persen, Indonesia Masih di Bawahnya

Pemerintah : Angka Kesembuhan Global Sekitar 50 Persen, Indonesia Masih di Bawahnya

By on 2 July 2020 0 98 Views

ROC — Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia belum mencapai rata-rata angka kesembuhan global yang berkisar di angka 50 persen.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (2/7).

“Angka kesembuhan global sekitar 50 persen, kita (Indonesia) masih di bawahnya,” ujar Yurianto.

Diketahui, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia baru mencapai 44 persen.

Meskipun angka kesembuhan secara nasional baru 44 persen, kata Yuri, namun ada daerah yang angka kesembuhannya di atas 70 persen.

Setidaknya, sudah ada 13 provinsi yang angka kesembuhannya di atas 70 persen. Bahkan ada pula beberapa yang berhasil mencapai sekitar 86 persen.

“Meskipun, ada provinsi yang sembuhnya baru 12-13 persen. Ini artinya kita harus melihat angka Indonesia akumulasi rata-rata dari keseluruhan provinsi,” kata dia.

Tiga provinsi yang persentase kesembuhannya tinggi adalah Bangka Belitung mencapai sekitar 86,5 persen. Adapun, Yogyakarta dan Lampung di atas 80 persen.

Sementara provinsi yang kesembuhannya masih rendah adalah Maluku Utara, karena kasus positifnya baru muncul dalam dua hari terakhir.

“Artinya tingkat hunian rumah sakitnya baru naik dua hari terakhir. Bangka Belitung dalam dua minggu terakhir angka penambahan kasusnya di bawah 10, bahkan beberapa hari terakhir nol,” kata dia.

Selain masih cukup jauh dari angka rata-rata global, kata Yuri, dibandingkan dengan negara lain persentase Indonesia juga masih cukup jauh.

Misalnya kesembuhan di Jepang yang sudah mencapai 90 persen ke atas. Jumlah kesembuhan di Jepang lebih tinggi karena mereka lebih dahulu terdampak pandemi Covid-19 dibandingkan Indonesia.

“Tapi negara yang baru mengawalinya seperti Brazil, angkanya masih di bawah kita. Artinya, beban layanan rumah sakit dan kesadaran masyarakat untuk segera mengakses layanan perawatan jadi kunci angka (kesembuhan) ini,” kata dia.

Berdasarkan data pada Rabu (1/7), pasien sembuh di Indonesia mencapai 25.595 orang sejak kasus Covid-19 diumumkan pemerintah pada 2 Maret lalu. (Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *