1 October 2020
  • 1 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Pemeran Abah Keluarga Cemara Adi Kurdi, Meninggal Dunia

Pemeran Abah Keluarga Cemara Adi Kurdi, Meninggal Dunia

By on 9 May 2020 0 151 Views

Foto: almarhum Adi Kurdi

Jakarta, ROC — Aktor senior Adi Kurdi meninggal dunia, pada Jumat siang kemarin, di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta Timur.

Kabar duka ini dibenarkan sahabat Adi Kurdi, Romo Yustinus Sulistiadi Pr, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (8/5).

“Mas Adi Kurdi meninggal dunia siang ini,” kata Romo Yustinus.

Beberapa rekan menyebutkan Adi Kurdi meninggal dunia karena penyumbatan otak.

Artis lawas Novia Kolopaking, sahabat dan lawan main almarhum dalam sinetron Keluarga Cemara dan film Terimakasih Emak, Terimakasih Abah, beberapa waktu lalu juga sempat menyampaikan kondisi kesehatan Adi Kurdi yang sudah mulai menurun.

“Mas Adi Kurdi sekarang sudah tidak bisa melihat,” ucap Novia yang kala itu ditemui di kawasan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (4/3).

Namun, Novia tak merinci apa penyebab kondisi penglihatan Adi Kurdi jadi menurun. Novia mengaku terharu dengan tekad dan konsistensi Adi Kurdi yang tetap profesional walau dengan kondisi dan penglihatan yang memburuk.

Adi Kurdi yang lahir pada 22 September 1948 di Pekalongan, Jawa Tengah, adalah sosok Abah dalam serial Keluarga Cemara yang terkenal pada pertengahan 1990-an.

Ia pernah mendapat penghargaan Indonesian Movie Actors Award untuk Lifetime Achievement, Piala Maya untuk Aktor Pendukung Terpilih, nominasi Piala Citra untuk pemeran pendukung pria terbaik, dan Piala Citra untuk pemeran utama pria terbaik.

Adi Kurdi memulai kariernya di dunia hiburan sejak 1980. Namanya mencuri perhatian di kalangan sineas Indonesia berkat kemampuannya tampil di berbagai pementasan teater.

Salah satu pementasannya yang terkenal adalah Kisah Perjuangan Suku Naga. Kala itu, ia menjadi pemeran utama dalam teater asuhan WS Rendra, Bengkel Teater. Kesuksesannya di jagat teater membuat Adi Kurdi dilirik dan diajak bermain dalam layar lebar.

Namanya dikenal publik berkat penampilannya dalam film layar lebar berjudul Gadis Penakluk (1980). Berkat bermain dalam film tersebut, Adi Kurdi berhasil masuk nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 1981.

Setelah itu, ia menjadi pemeran pendukung dalam film berjudul Putri seorang Jenderal hasil karya sutradara Wim Umboh.

Kariernya di dunia hiburan semakin cemerlang, hingga saat ini ia telah membintangi 17 film layar lebar di Tanah Air.

Tidak hanya itu, ia juga membintangi serial drama televisi terkenal, seperti Keluarga Cemara (1997) dan Ali Topan Anak Jalanan (1997). Bahkan, berkat perannya dalam serial Keluarga Cemara, Adi Kurdi selalu dijuluki sebagai Abah.

Terbaru, ia kembali memerankan sosok Abah yang ikonik dalam film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *