11 July 2020
  • 11 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Pembangunan Jalan Desa oleh PUPR di Kabupaten Kaur Dipertanyakan

Pembangunan Jalan Desa oleh PUPR di Kabupaten Kaur Dipertanyakan

By on 7 June 2020 0 142 Views

Kaur, ROC – Pembangunan jalan desa yang berada di Kabupaten Kaur oleh Dinas PUPR, dipertanyakan oleh sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), salah satunya adalah LSM Lipan Jaya.

Jalan yang semestinya dibangun oleh desa diambil dari Dana Desa tersebut, seharusnya dibangun dan merupakan tanggung jawab desa setempat, namun saat ini diambil alih oleh Pemkab Kaur melalui Dinas PUPR.

Menurut Ketua DPC LSM Lipan Jaya, Asef Rianto, pembangunan jalan lingkungan desa yang berada di Desa Jembatan Dua, Kecamatan Kaur Selatan, terkesan dipaksakan dan menyalahi aturan.

“Pada saat Desa Jembatan dua melakukan Musrenbangdes, pembangunan jalan lingkungan yang di kerjakan oleh dinas PUPR sekarang ini menjadi prioritas pembangunan Desa,” ujarnya.

Asef menjelaskan, Jalan lingkungan tersebut pernah di bangun oleh Desa melalui program PNPM beberapa tahun yang lalu, dan kondisinya perlu di rehab kembali. Pada tahun 2020 pembangunan jalan ini menjadi prioritas pembangunan.

“Proyek inipun menyalahi aturan, Pembangunan jalan yang menelan dana sebesar Rp.296 juta lebih ini, tidak ada papan nama proyek, tidak ada sama sekali keterbukaan pembangunan jalan yang di kerjakan oleh CV Artha Duta Pratama ini, dan anehnya setelah pekerjaan selesai, papan nama proyek baru dipasang,” papar Asef.

Sementara, Sekretaris LIPAN JAYA, Sulaiman Spd menambahkan, bahwa pihaknya pernah mempertanyakan surat hibah dari pihak Desa ke pihak Dinas PUPR jika memang pekerjaan jalan tersebut dikerjakan oleh Pemkab.

“Kepala desa menjawab bahwa sudah ada surat hibahnya, namun saat kita konfirmasi ulang pihak BPD desa Jembatan dua, pihak BPD berkilah belum ada penanda tanganan persetujuan dari BPD ke PUPR,” jelas Sulaiman.

Hingga berita ini di turunkan, Kepala Dinas dan Kabid Bina Marga Dinas PUPR belum dapat dimintai keterangan. (Rozi)

 

 

 

  Daerah
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *