21 August 2019
  • 21 August 2019
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Jawa Timur
  • Dugaan Pemalsuan Persyaratan Pilkades di Nganjuk, DPRD Langsung Gelar Hearing

Dugaan Pemalsuan Persyaratan Pilkades di Nganjuk, DPRD Langsung Gelar Hearing

By on 4 February 2019 0 206 Views

NGANJUK – ROC, Adanya pengaduan dari masyarakat Desa Sonopatik, Kecamatan Berbek, Komisi I DPRD Kabupaten nganjuk langsung menggelar rapat hearing yang bertempat diruang rapat Garuda, DPRD Kabupaten Nganjuk.

Rapat hearing dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Nganjuk Marianto yang juga dihadiri oleh Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk Zabanudin, Kepala Dinas Pemerintahan Desa, Camat Berbek, dan kuasa hukum pelapor Yusup Wibisono.

Dugaan adanya pemalsuan ini muncul atas laporan warga Sonopatik Purwoko. Melaporkan adanya dugaan pemalsuan akte kelahiran sebagai persyaratan pencalonan pada Pilkades atas nama Imam Achmad selaku Kades Petahana.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh pihaknya, Yusup Wibisono telah menemukan bukti bahwasanya akte yang dimiliki oleh Imam Achmad selaku Kades petahana merupakan data palsu.

“Aneh sekali akte kelahiran tersebut sudah dilegalisir, oleh Dispendukcapil. Saya ingin permasalahan ini tetap ditindak lanjuti melalui jalur hukum,” kata Yusup Wibisono saat hearing.

Masalah ini sebenarnya sudah dilaporkan ke Polres Nganjuk pada pertengahan tahun 2017, tetapi kenyataannya petahana masih tetap menggunakan akte tersebut untuk maju dalam pilihan Kepala Desa.

Dalam hal ini Zabanudin selaku Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk mengatakan bahwasanya Imam Achmad telah melampirkan dokumen aslinya pada saat mau legalisir akte kelahiran miliknya.

“Saya menganggap bahwa itu sudah prosedural maka dari itu saya tanda tangani legalisir akte kelahiran tersebut,” jelas Zabanudin.

Marianto berharap permasalahan ini agar cepat terselesaikan dan merupakan pembelajaran agar tidak terulang kembali. “Saya berharap dari hasil hearing ini bisa ada titik temunya antara pelapor dan terlapor,” tegasnya. (HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *