25 February 2020
  • 25 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • DKI Jakarta
  • PASTIKAN KESIAPAN PENGAMANAN NATARU 2020, DIRPOLAIR KORPOLAIRUD PANTAU PERAIRAN TELUK JAKARTA DAN POSKO KAWASAN PELABUHAN PENYEBRANGAN KALI ADEM

PASTIKAN KESIAPAN PENGAMANAN NATARU 2020, DIRPOLAIR KORPOLAIRUD PANTAU PERAIRAN TELUK JAKARTA DAN POSKO KAWASAN PELABUHAN PENYEBRANGAN KALI ADEM

By on 20 December 2019 0 67 Views

Jakarta, ROC – Puncak arus penumpang libur Natal dan Tahun Baru 2020 diprediksi terjadi dalam beberapa hari ini. Kesiapan dan kesigapan petugas tentunya senantiasa dibutuhkan dalam mengantisipasi lonjakan penumpang arus liburan yang akan menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara.

Kenyamanan, kelancaraan, keamanan dan keselamatan pemudik tentu menjadi harapan, fokus dan perhatian semua pihak. Tak terkecuali Ditpolair Korpolairud sebagai penanggung jawab keamanan dan keselamatan di wilayah perairan, pesisir dan kawasan.

Dalam rangka menciptakan kondisi yang diharapkan tersebut, Dirpolair Korpolairud Brigjen Pol. Makhruzi Rahman, S.IK,.M.H didampingi oleh Kabag Operasi Kombes Pol. Drs. Tubuh Musyareh dan Kasubdit Fasharkan Kombes Pol. Yulius Bambang Karyanto serta beberapa Perwira Staf melakukan pengecekan Posko Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, Jumat (19/12 ).

Berpatroli seputar Teluk Jakarta selama 1 jam, rombangan kemudian merapat di Jeti Pelabuhan Kaliadem Jakarta Utara dan diterima oleh Kapolsek Sunda Kelapa Kompol Armayni serta Kepala Dinas Perhubungan Laut Jakarta Bp. Dahlan.

Dalam arahannya, Dirpolair menekankan pentingnya kesiapan Posko Pengamanan, Personel, Alut (Kapal Patroli), dan terutama peralatan pertolongan serta penyelamatan dalam melaksanakan tugas pengamanan dan penyelamatan di laut.

“Keadaan cuaca agar diperhatikan. Kesesuaian jumlah penumpang itu sangat penting. Saya minta agar meningkatkan kewaspadaan, laksanakan patroli di sekitar kawasan pelabuhan dengan benar serta pantau dan laporkan perkembangan situasi di lapangan. Kita tidak berharap accident itu terjadi, namun kesiap siagaan personel harus senantiasa tetap terjaga”. Ujarnya

Kepadatan penumpang sudah mulai nampak di ruang tunggu. Tadi petugas sampaikan bahwa tiap hari rata – rata 17 -20 kapal berangkat menuju Pulau Seribu dengan jumlah penumpang rata – rata 4000-5000 di hari libur.

“Saya telah siagakan 4 kapal patroli yang salah satunya tergabung dalam pengamanan seputar perairan dan kawasan pelabuhan, personel kapal akan bergabung dengan petugas posko jika kapal bersandar. Kita bekerja sama bahu membahu dan bersinergi memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemudik”. Demikian penjelasan Brigjen Makhruzi.

Bahwa dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan kelancaran arus libur Natal dan Tahun 2019, Ditpolair Korpolairud telah menempatkan sebanyak 32 unit Kapal Patroli dari Mabes Polri dengan status tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) di Polda maupun dengan status Kendali Pusat Mabes Polri.

“Kita sudah perintahkan personel kita di lapangan, yang bertugas di kapal-kapal tersebut untuk melakukan kegiatan pengamanan wilayah tugasnya masing – masing terutama yang berada di wilayah pesisir atau melakukan kegiatan yang bersifat imbangan berkoordinasi dengan personel organik Polda setempat”. tutup Brigjen Makhruzi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *