13 July 2020
  • 13 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Pasien Terus Bertambah, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Rawat 161 Pasien, Warga Diminta Diam Di Rumah

Pasien Terus Bertambah, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Rawat 161 Pasien, Warga Diminta Diam Di Rumah

By on 26 March 2020 0 133 Views

Jakarta, ROC – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengungkapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran menangani 161 pasien per pukul 19.00 WIB, Rabu (25/3).

“Hingga Rabu malam ini pasien rawat inap berjumlah 161 (pasien),” ujar Yudo.

Jumlah tersebut meliputi 10 pasien positif corona, 107 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 43 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan seorang pasien mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Para pasien tersebut di tempatkan di lantai VII RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Di lantai itu tersedia sekitar 1.650 tempat tidur. Data perawatan pasien menunjukkan peningkatan dari pagi hari. Pukul 10.00 WIB, rumah sakit dadakan ini menangani 144 pasien.

Dari total jumlah pasien tersebut, sebanyak sembilan pasien dinyatakan positif corona. Kemudian 41 orang berstatus ODP dan 94 orang berstatus PDP.

Yudo menegaskan, sejauh ini pihaknya belum menerima informasi adanya pasien yang ditolak rumah sakit tersebut.

“Saya belum dapat info kalau ada pasien yang ditolak, karena tidak ada perintah atau kebijakan tentang itu, kecuali yang berat harus dirujuk ke RS yang ditetapkan,” katanya.

Warga Di Sekitar Wisma Atlet Diminta Tinggal di Rumah

Sementara itu, Yudo Margono meminta warga yang bermukim di sekitar Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran untuk tetap berdiam di rumah. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

“Untuk imbauan itu tidak di Kemayoran saja, saya lihat sudah diterapkan di seluruh wilayah oleh aparat TNI-Polri,” ujar Yudo.

Yudo mengungkapkan, imbauan untuk berdiam di rumah juga dialamatkan bagi penghuni Komplek Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Yudo mengatakan setiap pagi dan malam hari terdapat petugas yang berpatroli mengimbau warga tetap tinggal di dalam rumah. Selain itu, khusus di wilayah Kemayoran, juga sudah dilakukan hal serupa.

“Khusus untuk Kemayoran kemarin hari Senin sudah saya infokan Kapolda Metro Jaya dan Pangdam untuk tingkatkan PAM dan imbauan untuk tidak mendekat di Ring-1,” katanya.

Pasien Terus Bertambah

Diberitakan, pemerintah mengungkapkan bahwa jumlah pasien Covid-19 yang disebabkan virus corona terus bertambah. Hal ini dinyatakan juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (25/3) sore.

Hingga saat ini, pemerintah menyatakan ada 790 kasus Covid-19 di Tanah Air. Angka ini bertambah 105 kasus dalam 24 terakhir, sejak Selasa (24/3) pukul 12.00 WIB hingga Rabu ini pukul 12.00.

“Sekarang tambah 105 kasus, sehingga total kasus ada 790, dari jumlah itu sebanyak 31 pasien sembuh dan 58 meninggal,” ujar Achmad Yurianto.(idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *