17 October 2019
  • 17 October 2019
Breaking News

Panen Raya Bersama Bupati Jombang Di Kampung Petroganik Kecamatan Megaluh

By on 19 March 2019 0 129 Views

JOMBANG, ROC – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab memimpin langsung panen raya di area sawah Kampung Petroganik Kelompok Tani Bungkil Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang.

Hj. Mundjidah Wahab didampingi oleh Mino Sadario Direktur Pemasaran PT. Petrokimia Gresik, Rochmad Abidin Anggota DPRD Kabupaten Jombang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Camat se Kabupaten Jombang, dan hadir juga para undangan yang dari Gapoktan serta KTNA.

Menjelang musim panen terjadi banyak sekali ancaman akan gagal panen, disebabkan pada awal musim tanam terjadi banjir di persawahan yang mencapai sekitar 147,5 hektar.

“Karena ada banyak dampak yang ditimbulkannya, maka banyak sekali petani yang ikut program asuransi persawahan,” tutur Kepala Dinas Pertanian.

Ada sekitar 30.000 hektar sawah di Kabupaten Jombang mengikuti program asuransi. Untuk musim panen saat ini hasilnya sangatlah bagus, karena harga gabah kering sekitar 3.800 rupiah.

“Semoga dengan harga yang ada saat ini bisa bertahan terus, agar para petani tidak banyak mengalami kerugian. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada PT. Petrokimia Gresik yang telah banyak memberikan pelayanan pupuk dengan baik di Kabupaten Jombang,” tutur Hadi Purwantoro Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang.

“Petroganik memang sangat diperlukan, karena banyak sekali tanah di Indonesia yang kondisinya kurang sehat untuk di tanami,” papar Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik. Ucapan terima kasih sekaligus apresiasi yang disampaikannya kepada Bupati Jombang, karena Kabupaten Jombang bisa bekerjasama dengan baik dengan PT. Petrokimia Gresik. Untuk itu pihak PT. Petrokimia Gresik siap menyuplai pupuk ke Kabupaten Jombang.

Hj. Mundjidah Wahab mengaku sangat gembira karena melihat hasil panen pada musim ini sangat bagus. Menanggapi persoalan hama diharapkan nantinya bisa segera di carikan solusinya dalam mengatasi hama tersebut.

Bupati Jombang, sangat mengharapkan hasil panen saat ini bisa dipertahankan untuk ditingkatkan lagi pada musim panen selanjutnya. Kabupaten Jombang juga siap mendukung program Gubernur Jawa Timur, dengan membuat program hulu hilir. Sementara di Kabupaten Jombang ada 2 desa yang melaksanakan program tersebut yaitu Pojok Kulon dan Pesantren di Kecamatan Kesamben.

Bupati Hj. Mundjidah Wahab tidak ingin Jombang sampai kekurangan pupuk. Kabupaten Jombang merupakan Kabupaten yang bisa menghasilkan beras hingga surplus. Hasil yang didapat untuk di konsumsi oleh masyarakat Kabupaten Jombang dalam satu tahun masih lebih. “Mari kita bersama sama untuk meningkatkan hasil panen agar bisa memenuhi akan kebutuhan beras di Kabupaten Jombang persoalan pangan bisa tercukupi dan teratasi, tanpa ada kekurangan sama sekali,” jelas Bupati Jombang. (HR/HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *