25 October 2020
  • 25 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Pandemi Covid-19 : Dinas LH DKI Jakarta Imbau Masyarakat Pisahkan Limbah Masker-Sarung Tangan Sekali Pakai

Pandemi Covid-19 : Dinas LH DKI Jakarta Imbau Masyarakat Pisahkan Limbah Masker-Sarung Tangan Sekali Pakai

By on 3 April 2020 0 310 Views

Jakarta, ROC — Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menghimbau masyarakat, agar melakukan gerakan secara mandiri, memisahkan sampah atau limbah bekas masker atau sarung tangan sekali pakai. Mengingat limbah masker dan sarung tangan sekali pakai tersebut, sangat potensial masuk kategori limbah bahan beracun dan berbahaya (B3).

Dinas kebersihan dan lingkungan hidup DKI Jakarta juga menyatakan sampah masker dan sarung tangan sekali pakai mengalami peningkatan di tengah pandemi Covid-19.

Humas Dinas LH DKI Jakarta Yogi Ikhwan, mengungkapkan saat ini belum ada data pasti berapa jumlah peningkatan sampah masker dan sarung tangan sekali pakai. Hal tersebut karena prosesnya masih terus berlanjut.

“Prosesnya masih berjalan, sementara kami pool dulu,” ujarnya, Jumat (3/4).

Kepala Suku Dinas LH DKI Jakarta, Andono Warih, melalui keterangan tertulisnya mengatakan bahwa peningkatan sampah tersebut disebabkan banyaknya masyarakat umum yang menggunakan alat pelindung diri (APD) pada masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya, limbah masker dan sarung tangan sekali pakai lebih banyak bersumber dan terkonsentrasi di fasilitas kesehatan.

“Limbah jenis ini terkonsentrasi di fasilitas pelayanan kesehatan, namun sekarang sampah jenis ini juga banyak timbul dari rumah tangga,” ujarnya.

Sampah jenis tersebut, lanjut Andono, sangat mungkin masuk kategori infeksius yang bisa menyebabkan penyebaran penyakit, maka dibutuhkan penanganan khusus.

Untuk itu, dia pun mengimbau masyarakat agar lebih sadar untuk memisahkannya dengan sampah lain.

Dia berharap, upaya itu dapat mencegah penularan virus yang mungkin terjadi, termasuk penularan kepada pasukan oranye yang bersentuhan langsung dengan sampah-sampah tersebut.

Upaya lain yang telah dilakukan adalah, saat ini pihaknya juga sudah menyediakan wadah penampungan limbah B3 khusus untuk sampah masker bekas pakai agar tidak tercampur dengan sampah lainnya.
(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *