23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Optimis Tingkatkan Ketahanan Pangan, Jokowi tinjau 5.000 ha food estate di NTT

Optimis Tingkatkan Ketahanan Pangan, Jokowi tinjau 5.000 ha food estate di NTT

By on 23 February 2021 0 81 Views

ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lahan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Nantinya lumbung pangan tersebut akan mendorong upaya ketahanan pangan Indonesia. Lahan seluas 5.000 hektare (ha) akan ditanami dua jenis tanaman pangan.

“Dimana yang 3.000 ha ditanam padi kemudian yang 2 000 ha ditanam jagung,” ujar Jokowi saat meninjau lokasi food estate, di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2).

Nantinya lahan tersebut akan ditambah untuk meningkatkan hasil panen. Jokowi juga berharap, ke depan food estate di NTT akan didorong hingga bisa mencapai 10.000 ha.

Dari lahan 10.000 ha tersebut seluas 5.600 ha akan ditanam padi dan 4.400 ha sisanya ditanam jagung. Diharapkan pengelolaan food estate juga akan meningkatkan masa panen.

“Kita ingin mengelola agar satu tahun bisa 2 kali panen padi dan sekali panen jagung atau kedelai,” terang Jokowi.

Jokowi optimis food estate akan meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Selain di NTT, food estate juga dikembangkan di Kalimantan Tengah dan Sumatra Utara.

Ke depan food estate juga akan dilakukan di provinsi lainnya. Dikatakan juga, provinsi yang telah siap dapat meniru cara pengelolaan yang telah dilakukan di tiga food estate tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Jokowi juga meresmikan Bendungan Napun Gete di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selesainya Bendungan Napun Gete menambah daftar bendungan yang rampung di NTT. Sebelumnya terdapat Bendungan Raknamo dan Bendungan Rotiklot yang lebih dulu selesai.

“Sekarang kita patut bersyukur Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka juga sudah selesai,” ujar Jokowi saat meresmikan Bendungan Napun Gete.

Bendungan Napun Gete memiliki kapasitas 11,2 juta meter kubik dengan luas bendungan 99 hektare (ha). Ditargetkan bendungan tersebut akan mengairinlahan seluas 300 ha.

Sebagai informasi, keberadaan bendungan menjadi hal penting di NTT. Adanya bendungan dinilai dapat mendorong tingkat perekonomian masyarakat dengan meningkatkan kesuburan tanah.

Red

 

If you are purchasing a product, we may request payment at any time for all validated sales made to residents of the States of Texas and United States. cialis Momenta will respond to all such notices, including as required or appropriate by removing the infringing material or disabling all links to the infringing material.

  Daerah
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *