19 February 2020
  • 19 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Internasional
  • Nyangkut di Kabel Listrik, Pilot Jet Tempur F-16 Diselamatkan Setelah 2 Jam

Nyangkut di Kabel Listrik, Pilot Jet Tempur F-16 Diselamatkan Setelah 2 Jam

By on 20 September 2019 0 97 Views

Paris, ROC – Pilot jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Belgia yang jatuh di Prancis, tersangkut di kabel listrik tegangan tinggi setelah melontarkan diri dari pesawat dan mengaktifkan parasut. Sang pilot berhasil diselamatkan setelah tersangkut selama dua jam di kabel listrik itu.

Jet tempur ini sedang menjalani misi latihan navigasi saat jatuh ke sebuah area di antara kota Pluvigner dan Landaul, Prancis, pada Kamis (19/9) waktu setempat. Otoritas Belgia menyebut pilot sempat melaporkan gangguan mesin saat mengudara dari Pangkalan Udara Florennes di Belgia menuju pangkalan militer di Lorient, Prancis.

Ada dua pilot di dalam jet tempur itu saat kecelakaan terjadi. Keduanya berhasil selamat setelah melontarkan diri. Seperti dilansir Associated Press, Jumat (20/9/2019), petugas darurat berhasil mengevakuasi pilot yang tersangkut itu dengan selamat, setelah memutuskan sementara aliran listrik di area tersebut.

Usai dievakuasi, sang pilot dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut. Satu pilot lainnya berhasil mendarat dengan selamat, setelah melontarkan diri dan mengaktifkan parasutnya.

“Kedua pilot selamat,” ucap Mayor Jenderal Frederik Vansina dari Angkatan Udara Belgia.

Ditambahkan Vansina bahwa pilot yang sempat tersangkut di kabel listrik menyatakan dirinya baik-baik saja. “Dia memberitahu saya bahwa dia merasa sangat baik,” ujarnya. (Red/DetikNews)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *