30 May 2020
  • 30 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Hukum
  • Ngeri Ditahan Bareng Gerbong Teroris dan Narkoba, Setnov Dipindah ke Rutan Sukamiskin

Ngeri Ditahan Bareng Gerbong Teroris dan Narkoba, Setnov Dipindah ke Rutan Sukamiskin

By on 17 July 2019 0 144 Views

Bandung, ROC – Ketakutan berada satu rumah tahanan dengan gembong napi teroris dan bandar narkoba, terpidana kasus mega korupsi e-KTP Setya Novanto tak berlama-lama berada di Rutan Gunung Sindur Bogor. Ia telah kembali ke Lapas Sukamiskin Bandung. Novanto kembali ke Lapas Sukamiskin pada Minggu (14/7).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Abdul Aris menyatakan pemindahan ke Rutan Gunung Sindur menimbulkan efek jera bagi terpidana kasus korupsi e-KTP itu. Abdul menyebut Novanto ketakutan berada satu rutan dengan napi teroris dan bandar narkoba.

“Itu kan super maksimum dan selama seminggu, dia ketakutan terus, seperti nggak bisa tidur, takut. Dia cerita ke petugas. Pemikiran dia saja kan kelompok dan komunitas beda,” kata Abdul, dilansir dari detik.com Selasa (17/7).

Abdul menyatakan Setnov juga menyadari apa yang dia perbuat sebulan lalu merupakan suatu kesalahan. Eks Ketua DPR RI ini pun berubah sikap selama berada di Gunung Sindur.

“Pertimbangannya karena masalah perubahan perilaku. Yang bersangkutan menyadari kesalahannya,” kata Abdul.

Pertimbangan lain masalah kesehatan. Menurut Abdul, Novanto yang memiliki penyakit komplikasi ini jadi salah satu alasan Kemenkum HAM ‘memulangkan’ Novanto ke Lapas Sukamiskin.

“Ya yang bersangkutan mengidap banyak penyakit komplikasi,” ucap Abdul.

Perubahan sikap Novanto pun terlihat selama dua hari berada di Lapas Sukamiskin sejak dipulangkan. Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto menjelaskan kegiatan Novanto usai kembali ke penjara tersebut.

“Selama dua hari di Lapas Sukamiskin sudah menunjukkan perilaku yang berubah. Kegiatannya di sini hanya salat di masjid dan masuk kamar, begitu saja,” tutur Tejo. (Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *