2 December 2020
  • 2 December 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Nama Presiden Joko Widodo Diresmikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Nama Presiden Joko Widodo Diresmikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

By on 20 October 2020 0 102 Views

Jalan Presiden Jokowi di Abu Dhabi (IG.Jokowi)

ROC – Nama seorang tokoh yang diabadikan menjadi nama jalan memang sudah biasa baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baru-baru ini sebuah peresmian nama jalan yang diambil dari seorang tokoh di Uni Emirat Arab (UEA) mencuri perhatian publik Indonesia.

Pasalnya, nama jalan tersebut diambil dari nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Nama Joko Widodo dibadaikan dalam sebuah nama jalan di Abu Dhabi. Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Senin 19 Oktober 2020 waktu setempat.

Diabadikannya nama Preisden Joko Widodo menjadi salah satu nama jalan di Abu Dhabi ini dalam rangka merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA dan juga sebagai penghormatan Pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral antar kedua negara.

Salah seorang Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim mengatakan, peresmian nama jalan Presiden Jokowi tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA).

Sejumlah pejabat Kementrian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality juga turut menghadriri persemian nama jalan Presiden Joko Widodo.

Mereka bersama-sama menyaksikan penyingkapan tirai merah yang menutupi nama jalan President Joko Widodo Street.

Diabadikannya nama Preisden Joko Widodo ini dalam rangka merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA dan juga sebagai penghormatan Pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral antar kedua negara.

President Joko Widodo Street sendiri terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEZ (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area.

Kawasan ini merupakan tempat sejumlah kantor perwakilan diplomatik di Abu Dhabi. Sebelum diresmikan menjadi President Joko Widodo Street, nama jalan ini adalan Al Ma’arid Street yang berarti akshibisi/pameran dalam bahasa Indonesia.

Diabadikannya seorng tokoh asal Indonesia menjadi nama jalan di Luar negeri ini bukanlah hal yang pertama, sebelumnya diketahui sejumlah nama tokoh Indonesia juga turut diabadikan sebagai nama jalan di negeri asing.

Misalnya saja ada Jalan Soekarno di Rabat, Maroko, ada juga Jalan Muhammad Hatta di Harleem, Belanda, Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam serta Jalan Munir di Den Haag.

Sebelumnya perubahan nama jalan di Abu Dhabi dengan nama pemimpin negara sahabat, juga pernah dilakukan Pemerintah UEA pada tanggal 23 September 2019 lalu. (red)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *