2 July 2020
  • 2 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Menuju Swasembada Pangan, Bupati Jombang Panen Raya

Menuju Swasembada Pangan, Bupati Jombang Panen Raya

By on 29 July 2019 0 195 Views

Jombang, ROC – Panen raya dan Area Budidaya Tanaman Sehat kelompok tani Gandan, Dusun Gandan, Desa Gajah Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jatim, Hadi Sulistiyo meninjau tempat panen raya di Dusun Gandan, dan secara simbolis melakukan panen raya. Bupati mengapresiasi kerja gapoktan Gandan dalam membangun rumah burung hantu untuk mengusir serangan hama tikus.

Dalam sambutannya, Mundjidah mengapresiasi kerja Poktan Gandan yang telah berusaha meningkatkan hasil panen, serta telah berupaya membuat area taman bunga dan rumah burung hantu di areal persawahan.

“Perlu dicontoh oleh kelompok tani lainnya, sebab beberapa aroma bunga dapat mengusir hama sehingga sehingga hasil panen dapat meningkat,” jelasnya.

Lanjutnya, Bupati mengatakan bahwa hal semacam ini perlu disosialisasikan secara serentak agar hasil panen padi di seluruh Kabupaten Jombang meningkat.

“Sehingga beberapa kendala yang selama ini kita hadapi dapat teratasi bahkan secara alami,” ujarnya.

Bupati juga mengapresiasi adanya struktur Kelompok Wanita tani di dusun Gandan. Beberapa wanita janda di dusun setempat mempunyai peran aktif dalam pengembangan serta pembudidayaan tanaman pengusir hama dan tanaman sehat.

“Jadi kita ingin menggalakan fungsi serta peran wanita yang terutama suaminya meninggal. Mereka punya sawah, akhirnya di bentuk kelompok wanita tani ini,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan panen raya tersebut  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur, Hadi Sulistiyo, Kepala Dinas Pertanian Jombang, Hadi Purwantoro, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Jufri, Kepala DLH Yudi Adriyanto, Kadis Kominfo Budi Winarno dan beberapa SKPD lainnya. (HR/HP)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *