16 July 2019
  • 16 July 2019
Breaking News

Menteri ‘Kesayangan’ Jokowi di Tengah Isu Reshuffle

By on 14 May 2019 0 49 Views

JAKARTA, ROC – Isu perombakan kabinet atau reshuffle belakangan santer terdengar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya akan melakukan perombakan kabinet dalam waktu dekat. Kabar yang beredar, perombakan kabinet akan dilakukan Jokowi usai Lebaran.

Desas-desus nama-nama menteri yang akan diganti juga menyeruak ke publik. Lalu menteri mana yang akan bertahan dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi?

Dalam catatan merdeka.com, ada sejumlah menteri yang sering dipuji Presiden Jokowi karena kinerjanya. Bahkan pujian itu disampaikan Presiden Jokowi di depan publik. Nah, di tengah ramainya isu akan adanya perombakan kabinet apakah para menteri yang pernah dipuji itu tetap aman.

Pembangunan infrastruktur menjadi fokus untuk pemerintahan Jokowi-JK. Untuk itu Menteri Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memiliki peran penting dalam pembangunan infrastruktur Nasional. Menteri Basuki bergabung sebagai menteri PUPR di kabinert kerja Jokowi sejak tahun 2014 sampai saat ini.

Melalui kementerian yang dipimpin Basuki, Jokowi berhasil membangun jalan tol sepanjang 780 KM selama 4 tahun menjabat. Karena itu Jokowi berterima kasih dengan kinerja dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah berhasil membangun beberapa infrastruktur di pelosok negeri.

“Beliau ini (Basuki) bapak infrastruktur Indonesia. Meski masih diaspal membuka wilayah pembangunan,” ujar Jokowi pada Desember 2017 lalu. Mendapat pujian itu Menteri Basuki nampak tersenyum.

Selain infrastruktur, ekonomi juga menjadi fokus pemerintahan Jokowi. Karena itu Jokowi tidak main-main memilih menteri untuk bidang ekonomi. Sri Mulyani dipilih Jokowi untuk memimpin Kementerian Keuangan. Sri Mulyani menjadi menteri keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro pada tanggal 27 Juli 2016.

Kiprah Sri Mulyani tidak perlu diragukan, dia menjadi menteri keuangan terbaik Asia pada tahun 2006. Dia juga menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Pada tahun 2018 Sri Mulyani menjadi menteri keuangan terbaik di Dunia. Presiden Jokowi mengatakan penghargaan Sri Mulyani sebagai menteri terbaik di dunia tersebut juga menjadi bukti jika pengelolaan ekonomi Indonesia dalam jalur yang tepat dan efektif. Dengan demikian, penghargaan kepada Sri Mulyani ini patut mendapatkan apresiasi seluruh rakyat Indonesia.

“Itu pengakuan dunia, semua masyarakat bangga dan kita sadar penilaian itu menunjukkan pengelolaan ekonomi makro fiskal, track-nya benar, yang hati-hati, efektif. Ini pengakuan dunia dan satu orang menteri,” kata Jokowi Februari 2018 lalu. [spy]

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *