30 October 2020
  • 30 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Menteri BUMN Putuskan Rombak Susunan Direksi PT KAI

Menteri BUMN Putuskan Rombak Susunan Direksi PT KAI

By on 9 May 2020 0 221 Views

Foto: ilustrasi (dok.idj/ROC)

Jakarta, ROC — Menteri BUMN Erick Thohir memutuskan untuk merombak jajaran direksi pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Posisi Direktur Utama yang sebelumnya dijabat oleh Edi Sukmoro kini digantikan oleh Didiek Hartantyo.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN dalam SK-142/MBU/05/2020 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT KAI.

Sementara itu, Erick juga merombak jabatan direksi lainnya. Ia memberhentikan Amrozi Hamidi dari jabatannya sebagai Direktur Perencanaan, Strategis dan Pengembangan Usaha, Dody Budiawan yang duduk di kursi Direktur Niaga dan Ruli Adi selaku Direktur SDM dan Umum.

Sebagai gantinya, kursi Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha kini diisi oleh Jeffrie N Korompis. Erick juga mengangkat Rivan Achmad Purwantono untuk menduduki jabatan Direktur Keuangan, Maqin U Norhadi sebagai Direktur Niaga, dan Agung Yunanto sebagai Direktur SDM dan Umum.

“Bagi yang masih menjabat pada jabatan lain yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan untuk dirangkap dengan jabatan direksi BUMN, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatan tersebut,” tulis Erick dalam surat keputusan tersebut, dikutip Jumat (8/5).

Erick menyatakan keputusan ini berlaku sejak hari ini. Jika ada kekeliruan, maka pemerintah akan mengubah keputusan tersebut pada waktu mendatang.

Mantan Bankir Jadi Masinis

Didiek Hartantyo, yang kini menjabat sebagai Direktur Utama, bukanlah orang baru di KAI. Didiek bergabung dengan perusahaan pelat merah itu pada 25 Januari 2016 lalu sebagai Direktur Keuangan.

Diketahui sebelumnya, Didiek berkarir di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dia menjabat sebagai Group Head Financial Institutions di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, dari tahun 2010 hingga 2011.

Kemudian, ia diangkat menjadi Group Head Corporate Banking II Bank Mandiri pada 2011 sampai 2016. Setelah itu, Didiek ditunjuk menjadi Direktur Keuangan di KAI.

Didiek menyelesaikan pendidikan S1 nya di Universitas Sebelas Maret pada 1985 silam. Kemudian melanjutkan S2 di Daniel School of Business, University of Denver Amerika Serikat pada 1995.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *