11 April 2021
  • 11 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Menko PMK: Presiden Himbau Perhatikan Penggunaan Vaksin, Harus Efisien

Menko PMK: Presiden Himbau Perhatikan Penggunaan Vaksin, Harus Efisien

By on 8 December 2020 0 104 Views

Vaksin Sinovac Disimpan di Bio Farma Bandung. ©2020 Sekretariat Presiden

ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penggunaan vaksin diperhatikan. Mulai dari pemberian vaksin untuk mereka yang berada di garis terdepan hingga memperhatikan terkait geospasial yaitu lokasi di mana terjadi paparan Covid-19 lebih banyak.

“Itu Presiden sangat mohon mendapatkan perhatian sehingga penggunaan vaksin nanti betul-betul efisien tidak asalkan hantam rata tapi betul-betul terseleksi berdasarkan siapa yang paling berada di garda terdepan, yang sangat rentan sebagai orang yang akan terinfeksi maupun sebagai penyebar,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan pesan dari Jokowi dalam akun youtube FMB9ID_IKP terkait tindak lanjut kedatangan vaksin Covid-19, Senin (7/12).

Tidak hanya itu, Jokowi juga kata Muhadjir meminta agar vaksinasi dilakukan di tempat yang diprioritaskan. Sehingga menurut Muhadjir standar WHO tentang rasio jumlah yang harus diberi vaksin dengan jumlah penduduk itu tidak bisa sepenuhnya diterapkan di Indonesia.

“Dengan asumsi bahwa tidak seluruh wilayah Indonesia terpapar dengan covid-19 dengan intensitas yang sama,” ungkap Muhadjir.

Sementara itu, Muhadjir juga menjelaskan prioritas yang akan diberikan vaksin Covid-19 produksi Sinovac ini adalah mereka yang berada digaris depan yakni para petugas medis, TNI dan polri.

Selanjutnya kelompok risiko tinggi yaitu kelompok pekerja termasuk di dalamnya para pedagang pasar, pelayan toko atau pramuniaga dan juga mereka yang bekerja di sektor sektor perusahaan industri para karyawan dan para pegawainya.

“Termasuk mereka yang melakukan kontak tracking kelompok risiko dari keluarga dan kontak kasus Covid-19 dan yang terakhir adalah administrator pemerintah yang terlibat dalam memberikan layanan publik,” ungkap Muhadjir.

(red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *