2 December 2020
  • 2 December 2020
Breaking News

Memanfaatkan Pemanas Air Elektrik dalam Rumah Tangga Modern

By on 10 November 2020 0 102 Views

Keberadaan air hangat atau air panas dalam rumah tangga sudah tidak mungkin untuk dihindari. Beberapa rutinitas rumah tangga sangat bergantung pada ketersediaan air hangat maupun air panas. Seperti misalnya memasak, membuat minuman, maupun kebutuhan mandi, tidak mungkin dilakukan tanpa adanya air hangat atau air panas.

Khusus untuk kebutuhan mandi, cukup dengan menggunakan air hangat untuk dapat membersihkan diri dengan optimal sambil merasakan kesegaran ketika mandi dikelilingi uap panas. Karena kebutuhan akan mandi air hangat, maka saat ini sudah banyak pabrik yang memproduksi pemanas air elektrik untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Menyadari akan banyaknya konsumen yang membutuhkan alat pemanas air elektrik, pabrik-pabrik tersebut berlomba-lomba untuk menciptakan alat pemanas air bertenaga listrik terbaik yang dapat memanjakan konsumennya.

Mengapa hal ini menjadi perhatian para produsen pemanas air tersebut adalah karena manfaat besar dari penggunaan air hangat itu sendiri, termasuk ketika kita mandi. Mandi air hangat dipercaya dapat menurunkan tingkat stres karena saat mandi tubuh kita akan memproduksi hormon oksitoksin yang dapat melawan hormon penyebab stres. Tak hanya itu, dengan mandi air hangat kita juga dapat merelaksasi tubuh kita sehingga peredaran darah kita menjadi lebih lancar dan bebas dari penyakit seperti stroke dan gangguan pada jantung.

 

Pilih Pemanas Air Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Anda ingin segera menjadi bagian dari jutaan orang pengguna pemanas air bertenaga listrik? Tunggu dulu. Anda perlu memahami terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memiliki pemanas air bertenaga listrik.

Hal yang pertama adalah mengenai daya listrik yang dibutuhkan. Sudah seharusnya, ketika membeli alat pemanas air kita sudah memahami terlebih dahulu kapasitas listrik yang dibutuhkan dan kesesuaiannya dengan listrik di rumah kita. Jangan sampai setelah membeli perangkat pemanas air kinerjanya tidak dapat maksimal atau bahkan menggangu alat elektronik lain di rumah hanya karena faktor daya listrik.

Secara umum, pemanas air berkapasitas 15-30 liter bisa digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik 350-500 watt saat bekerja. Artinya, Anda harus menyisihkan 350-500 watt ketika sedang menggunakan pemanas air agar tidak mengganggu alat elektronik lainnya di rumah.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan tentunya adalah keamanan dari penggunaan pemanas air. Apa gunanya jika kita memiliki perangkat pemanas air bertenaga listrik yang sangat canggih namun memiliki resiko keamanan bagi anggota keluarga.

Karenanya, Anda perlu memilih pemanas air yang memang sudah memiliki reputasi yang baik dalam bidangnya. Selain itu, pada pemanas air modern biasanya sudah memiliki komponen pengaman seperti ELCB, safety device, dan switch anti kontak pada bagian luarnya. Jika tidak memiliki standar keamanan tersebut, maka kinerja dan kualitas dari sebuah alat pemanas air dapat diragukan. Pemanas air yang baik juga pasti sudah bersertifikasi secara internasional, artinya sudah diakui kualitasnya di belahan bumi bagian manapun.

Lalu faktor berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memiliki pemanas air adalah kapasitas air yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli perangkat pemanas air, pastikan bahwa Anda telah paham betul kebutuhan air hangat seluruh anggota keluarga. Hal ini tidak terlepas dari berapa jumlah shower maupun bathtub. Pada kamar mandi yang menggunakan bathtub misalnya, diperlukan minimal pemanas air bertenaga listrik dengan kapasitas 30 liter untuk pemakaian dua orang anggota keluarga.

Sedangkan untuk kamar mandi yang menggunakan shower, cukup menggunakan pemanas air bertenaga listrik dengan kapasitas 15 liter untuk pemakaian dua orang anggota keluarga. Tentunya, besar kecilnya kebutuhan air hangat untuk mandi dalam satu keluarga bersifat relatif, karenanya harus dipahami oleh kita sendiri sebelum memutuskan untuk membeli pemanas air elektrik.

 

Efisiensi Daya Listrik Juga Menjadi Faktor Sebelum Membeli

Selain dari hal-hal di atas, terdapat pula poin penting secara umum yang harus dipastikan sebelum Anda memilih sebuah alat pemanas air. Poin yang sebenarnya tidak terlalu krusial namun tak boleh luput dari perhatian adalah masalah efisiensi. Jangan sampai setelah memiliki dan menggunakan pemanas air bertenaga listrik, Anda justru keberatan dengan konsumsi daya listrik yang sedemikian besar dan di luar perkiraan Anda. Pastikan alat pemanas air bertenaga listrik Anda terpercaya dalam urusan efisiensi energi dan selebihnya akan kembali ke faktor kemampuan finansial masing-masing sebuah keluarga. Karena perangkat elektronik hemat energi sekarang sudah banyak ditemukan, maka pastikan Anda memilih alat elektronik yang hemat energi seperti halnya dalam memilih pemanas air bertenaga listrik.

Untuk menghindari semua resiko bahaya dan meminimalisir terjadinya gangguan saat menggunakan pemanas air bertenaga listrik, Anda cukup mengatasinya dengan memilih merk yang memang sudah teruji akan kualitasnya di pasaran. Dengan menggunakan pemanas air elektrik Ariston, Anda dapat mengurangi sebagian besar resiko yang mungkin muncul. Sebagai produsen alat pemanas air terkemuka dan terpercaya, Ariston sudah paham betul akan kebutuhan konsumennya di dunia yang semakin modern. Karenanya, Ariston tak pernah berhenti berinovasi dan selalu meningkatkan kualitas untuk kepuasan konsumennya.

Maka jika Anda membutuhkan pemanas air bertenaga listrik yang aman, modern, serta hemat energi, kini Anda tak perlu bingung dan ragu lagi dalam memutuskan mana merk yang harus Anda pilih dalam konteks pemanas air berkualitas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *