13 December 2019
  • 13 December 2019
Breaking News
  • Home
  • Internasional
  • Mayjen (Purn) Suharno: Manjakan Wisatawan dan Majukan Pariwisata di Indonesia

Mayjen (Purn) Suharno: Manjakan Wisatawan dan Majukan Pariwisata di Indonesia

By on 4 July 2018 0 206 Views

Jakarta, ROC – Perjalanan keluarga Republik di negeri koala dan negeri kangguru telah berakhir. Namun rangkaian perjalanan di kedua negara tersebut memiliki catatan tersendiri bagi Mayjen (Purn) DR. Ir. Suharno Prawiro, MM.

Salah satu hal yang paling berkesan dan berpotensi untuk di duplikasi dari perjalanan tersebut adalah dari sector pariwisata.

“Di New Zealand dan Australia, para wisatawan sangat dimanjakan. Semenjak turun dari pesawat, hingga lokasi tujuan, semuanya dimudahkan,” tutur Suharno.

Beliau mencontohkan, saat turun dari pesawat, mereka sudah disuguhi dengan sebuah rak yang didalamnya tersusun rapi brosur dan pamphlet tujuan dan kegiatan wisata yang ada di daerah tersebut. Dilengkapi pula dengan harga yang akan kita keluarkan setiap menuju ke destinasi wisata tersebut, sehingga dapat disesuaikan dengan kocek pribadi kita.

Tidak hanya di airport, brosur wisata itu dapat dengan mudah dijumpai hampir disemua tempat, termasuk hotel, stasiun, pusat keramaian, mall, dan lain sebagainya.

“Selain itu, aneka alat transportasi sangat mendukung dan sangat mudah didapat,” ujarnya. Lanjut Suharno, kemudahan tersebut didapat ketika memesan kendaraan taksi, ataupun minibus, maka dengan respon cepat kendaraan tersebut akan datang. Sedangkan untuk kendaraan jenis bus sudah terjadwal dengan tepat sesuai waktu yang ditentukan. Bahkan untuk  kapal pesiar, boat hingga Helikopter pun sangat mudah di sewa disana.

“Hal yang menarik, kendaraan taksi minibus disana, selalu menggandeng kontainer yang ditarik, dan itu muat untuk selusin koper besar, wisatawan sangat dimanjakan tanpa ribet dengan urusan barang,”  ucapnya.

Kesimpulan yang dapat diambil untuk menjadi catatan pariwisata di Indonesia, Jenderal Bintang Dua tersebut menyebutkan bahwa sector pariwisata di Indonesia bisa lebih ditingkatkan. Objek pariwisata di Indonesia tidak hanya menjual pulau Dewata Bali, tetapi masih ada Kawasan wisata surge lainnya seperti Raja Ampat, Pulau Komodo, Candi Borobudur, Manado, dan banyak tempat eksotis lainnya yang tidak ada di Negara lain.

“Saat ini kita mengadakan perhelatan olahraga akbar se-Asia, yaitu Asian Games yang diadakan di Jakarta dan Palembang. Mengapa tidak kedepannya gelaran tersebut diadakan di daerah lain, sebab para atlit dan suporterpun ingin menjelajahi indahnya alam Indonesia yang lainnya,” pungkasnya. [Redroc]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *