6 July 2020
  • 6 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Masyarakat Indonesia Ramai Dengan Masker, Ini Jenis Masker Yang Layak Pakai

Masyarakat Indonesia Ramai Dengan Masker, Ini Jenis Masker Yang Layak Pakai

By on 5 March 2020 0 351 Views

Jakarta, ROC – Virus Corona yang menyebar saat ini masih menjadi momok bagi global dunia. Di beberapa negara bahkan melaporkan adanya beberapa kasus virus ini di negara mereka, yang bahkan tercatat telah menewaskan ribuan korban yang tewas.

Seperti diketahui, di awal bulan Maret 2020 ini, Senin (2/3) lalu, 2 WNI warga Depok Jawa Barat, dinyatakan positif terjangkit corona virus (Covid-19). Hal ini spontan menggemparkan masyarakat Indonesia. Berita telah masuk dan merebaknya Corona Virus di Indonesia, sangat meresahkan dan mengkhawatirkan masyarakat. Akibatnya, orang-orangpun berbondong-bondong membeli masker, untuk dipakai, yang diyakini sebagai upaya awal pencegahan penyebaran Virus Corona. Warga bahkan memborong masker sebanyak-banyaknya untuk persiapan menghadapi masa-masa Indonesia dilanda Virus Corona.

Kasus Corona Virus ini berakibat masker menjadi sangat langkah, di toko-toko dan di apotik-apotik. Stock habis dimana-mana, masyarakatpun rela antri hanya untuk memborong masker yang masih tersisa.

Dari pantauan yang berhasil dihimpun tim redaksi republikonline.com, saat ini di jalan-jalan, di pasar, di kantor-kantor, di terminal, di Bandara, di stasiun dan di tempat-tempat keramaian, hampir semua mengenakan masker dengan model bermacam-macam, untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Sementara pantauan hari ini, di Stasiun Manggarai Jakarta, Kamis (5/3), banyak pengguna KRL yang mengenakan masker, yang beraneka ragam, termasuk yang menggunakan masker seperti yang dijual di pinggir jalan dengan warna yang bermacam-macam.

Selain itu, ada juga yang mengenakan bandana untuk menutupi mulut dan hidung, hingga yang mengenakan sapu tangan. Terlepas dari itu, tentu ada masker yang kurang baik dan yang baik untuk digunakan, dikutip dari alodokter.com, berikut ini dua jenis pilihan masker yang baik untuk cegah virus covid-19, diantaranya adalah :

Masker Bedah

Masker bedah atau surgical mask merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas. Masker bedah dapat dijadikan pilihan untuk menangkal virus Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur dari orang lain masuk ke saluran pernapasan Anda.

Masker bedah atau surgical mask merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas. Masker bedah dapat dijadikan pilihan untuk menangkal virus Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur dari orang lain masuk ke saluran pernapasan Anda.

Masker bedah terdiri dari 3 lapisan yang memiliki fungsi berbeda, yaitu:

1. Lapisan luar, yang antiair
2. Lapisan tengah, yang berfungsi sebagai filter kuman
3. Lapisan dalam, yang berguna untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut.

Anda tidak disarankan menggunakan masker tanpa ketiga fungsi tersebut karena tidak efektif dalam mencegah penyakit menular, seperti infeksi virus Corona.

Masker N95

Masker N95 juga disarankan untuk mencegah penularan virus Corona. Masker yang cenderung lebih mahal dari masker bedah ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liur saja, tapi juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus.

Walaupun daya lindungnya lebih baik, masker N95 tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Hal ini disebabkan desainnya yang membuat orang yang memakai bisa sulit bernapas, gerah, dan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang agak lama.
(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *