11 July 2020
  • 11 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Masa Pandemi Covid-19, Rp 3,2 Triliun Dana BOS Digelontorkan Kemendikbud

Masa Pandemi Covid-19, Rp 3,2 Triliun Dana BOS Digelontorkan Kemendikbud

By on 20 June 2020 0 38 Views

Foto: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (dok.tangkapan layar kanal Youtube Kemendikbud)

Jakarta, ROC – Guna meringankan beban pendidikan tahun ajaran 2020, 2021 di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan bantuan operasional sekolah sebesar Rp 3,2 triliun.

Bantuan bukan hanya untuk sekolah negeri, tetapi juga untuk sekolah swasta.

Dana Bos sebesar Rp 3,2 triliun disiapkan Kemendikbud untuk seluruh sekolah yang terdampak virus corona, hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

“Untuk membantu situasi Covid-19, BOS kinerja dan BOS afirmasi kita arahkan untuk daerah-daerah yang paling membutuhkan dan juga yang rentan terpukul krisis ekonomi Covid-19,” ujarnya.

Bila sebelumnya dana dibagi menjadi dua bagian yakni untuk dana BOS afirmasi sebesar Rp 2 triliun untuk sekolah negeri yang terluar dan teringgal, sementara Rp 1,2 triliun untuk dana BOS kinerja sekolah berkinerja baik, kini dana bantuan BOS afirmasi dan kinerja juga ditujukan untuk sekolah swasta.

Dana ini nantinya dapat digunakan untuk pembayaran guru honorer, pembayaran tenaga kependidikan, belanja kebutuhan kebersihan terkait Covid-19, dan belanja kebutuhan belajar dari rumah seperti kebutuhan pulsa, paket data, dan layanan pendidikan daring berbayar.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *