27 May 2020
  • 27 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Djoko Santoso, Meninggal Dunia

Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Djoko Santoso, Meninggal Dunia

By on 10 May 2020 0 80 Views

Foto: Almarhum Jenderal Purn Djoko Santoso

Jakarta, ROC — Mantan Panglima TNI Jenderal (P) Djoko Santoso meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada pukul 06.30 WIB, setelah sempat dirawat beberapa hari pasca-operasi karena pendarahan di otak.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Djoko Santoso bin Djoko Suyono,” kata anggota DPR Fraksi Gerindra, Habiburokhman, saat dimintai konfirmasi, Minggu (10/5).

“Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Sebelumnya Jenderal (P) Djoko Santoso sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Beberapa hari lalu dikabarkan baru selesai menjalani operasi karena mengalami pendarahan otak.

“Kemarin dapat info dari Mas Pandu, putra sulung beliau yang di DPR. Pak Djoksan operasi karena pendarahan (otak),” kata anggota DPR Fraksi Gerindra, Habiburokhman, saat dikonfirmasi, Senin (4/5) kala itu.

Jenderal (P) Djoko Santoso di kenal sebagai pribadi yang baik, sosok pimpinan yang dekat dan sangat akrab dengan bawahannya. Tak heran jika berita duka ini membawa kesedihan yang cukup mendalam bagi seluruh keluarga, sahabat, rekan terdekat bahkan orang-orang yang pernah bekerja dengannya.

Suasana di rumah duka, kediaman Jenderal (P) Djoko Santoso

Suasana di rumah duka, kediaman Jenderal (P) Djoko Santoso

Demikian di ungkapkan salah satu rekan terdekat Jenderal (P) Djoko Santoso, Mayjen TNI (P) Dr. Ir. H. Suharno, M.M, yang merupakan mantan Kepala Badan Perbekalan TNI, pada tahun 2011-2013.

“Innaalillaahi Wa Innailaihi Rojiuun, beliau adalah seorang pimpinan yang sangat dekat dan selalu akrab dengan bawahannya,” ujar Mayjen (P) Suharno, yang juga pernah menjabat sebagai Perwira Staff Ahli Tk. III, Bid. Polkamnas, Panglima TNI tahun 2013.

Diakui Mayjen (P) Suharno, sebagai atasan, dia sangat dekat dengan almarhum, yang tidak pernah membedakan bawahannya, dan bahkan antara pimpinan dan anggota, sudah seperti keluarga sendiri.

“Dulu saat beliau Kasad, saya Kolonel dan ikut mendampingi beliau saat menunaikan ibadah haji pada tahun 2007,” kenang Mayjen (P) Suharno, yang juga merupakan mantan Ketua Desk Papua tersebut.

“Di tahun 2010, beliau Panglima TNI, Saya Brigjen Pati Ahli Industri dan Teknologi Militer,” kenangnya.

“Semoga beliau Husnul Khotimah, diterima semua amal Islamnya, diampuni dosanya dan memperoleh tempat terbaik disisi Allah SWT, Aamiin,” ungkap Mayjen (P) Suharno.

Upacara militer saat pemakaman jenazah almarhum Jenderal (P) Djoko Santoso

Upacara militer saat pemakaman jenazah almarhum Jenderal (P) Djoko Santoso

Berdasarkan data yang dihimpun republik-online.com, almarhum Jenderal (P) Djoko Santoso menjabat sebagai Panglima TNI periode 2007-2010 menggantikan Djoko Suyanto, pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

Sebelum menjadi orang nomor satu di TNI, almarhum sempat menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (AD) dan kemudian menjadi Kepala Staf TNI AD (Kasad). Beliau menjadi Kasad pada tahun 2005-2007.

Almarhum yang lahir pada 8 September 1952 itu juga aktif di beragam organisasi. Beliau tercatat pernah menjadi Ketua Dewan Penasihat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Ketua Dewan Pembina IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia), hingga Ketua Dewan Pembina Gerakan Indonesia ASA (Adil, Sejahtera, Aman).

Sekitar tahun 2015, saat pensiun dari militer Jenderal (P) Djoko Santoso memutuskan terjun ke dunia politik. Selepas jabatannya, meski tak langsung ke partai politik, tetapi dia kerap muncul dalam peristiwa politik. Bergabung di Partai Gerindra pada 2015, beliau masuk struktur Dewan Pembina dan pada Pilpres 2019, didaulat menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *