30 October 2020
  • 30 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Mantan Menpora Prancis : Tour De France Tetap Berlangsung Saat Pandemi Covid-19, Adalah Ide Gila

Mantan Menpora Prancis : Tour De France Tetap Berlangsung Saat Pandemi Covid-19, Adalah Ide Gila

By on 6 April 2020 0 169 Views

Ket.gbr: Tour de France (foto AFP)

Prancis, ROC — Balapan bergengsi Tour de France (TdF) 2020 dilaporkan akan tetap digelar di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, Race Director TdF Christian Prudhomme menyatakan bahwa pihaknya tidak akan menggelar balapan dalam kondisi tertutup alias tanpa penonton, meskipun pelaksanaan even tersebut tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah Prancis.

“Tour de France masih akan berlangsung sesuai jadwal (mulai 27 Juni–19 Juli) dan tidak akan digelar tertutup,” katanya dikutip dari Cycling News.

Rencana penyelenggaraan grand tour tertua di dunia itu terbilang berani. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, berkumpulnya orang-orang di satu tempat menempatkan mereka rentan tertular virus tersebut.

Pekan lalu, Menpora Prancis Roxana Maracineanu mengatakan bahwa satu-satunya opsi untuk menggelar TdF adalah balapan tertutup. Yakni, tanpa adanya kerumunan penonton di sepanjang sisi rute yang dilalui. Termasuk di area start dan finis.

Kritik pedas juga dilontarkan mantan Menpora Prancis David Douillet. ia menyebut rencana tersebut sebagai ide gila.

“Ini (rencana, Red) gila, terlalu banyak risiko di sana,” ujarnya.

Douillet menjelaskan, jika penyelenggara sanggup memastikan sarana yang cukup untuk menguji pembalap dan ofisial, lalu hasilnya negatif Covid-19, itu bisa meyakinkan pemerintah.

“Tetapi, situasinya tidak memungkinkan. Sampai saat ini juga belum ditemukan vaksin,” lanjutnya.

Terlepas dari itu, Prudhomme bersama timnya rupanya juga mulai menimbang opsi lain bilamana TdF harus ditunda.

Akhir Juli atau Agustus menjadi pilihan terbaik untuk menggelar balapan yang sudah berumur 116 tahun tersebut. Pihaknya pun menetapkan 15 Mei sebagai batas waktu untuk membuat keputusan akhir.(red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *