21 August 2019
  • 21 August 2019
Breaking News

Mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa Divonis 8 Tahun Penjara

By on 22 January 2019 0 120 Views

Surabaya, Roc – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya melalui Ketua Majelis Hakim I Wayan Sosiawan menjatuhkan vonis kepada mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa delapan tahun penjara. Sidang yang diagendakan siang akhirnya ditunda hingga malam.

Sidang dengan agenda amar putusan yang dimulai jam 18.15 WIB dan berakhir sekitar jam 19.02 WIB. Mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa divonis delapan tahun penjara dengan denda sekitar Rp. 500 juta subsider 4 bulan serta harus membayar uang pengganti sebesar Rp.2,75 miliar dengan subsider 1 tahun penjara, dan Mustofa Kamal Pasa hak politiknya juga dicabut selama 5 tahun.

Putusan Majelis Hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penutut Umum KPK yaitu 12 tahun penjara dengan denda sebesaf Rp. 750 juta subsider 6 bulan penjara serta membayar uang pengganti sebesar Rp. 2,7 miliar subsider 3 tahun.

I Wayan Sosiawan selaku Ketua Majelis Hakim menyatakan bahwa terdakwa Mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa terbukti telah melanggar pasal 12 UU 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Kasus yang menjerat mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa ada tiga kasus yaitu yang pertama adalah kasus gratifikasi tower yang sidangnya dimana telah memasuki tahap vonis, yang kedua adalah kasus gratifikasi proyek jalan yang kasusnya belum disidangkan dan yang ketiga adalah kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Ketua Majelis Hakim I Wayan Sosiawan bertanya kepada terdakwa Mustofa Kamal Pasa menerimakah putusan tersebut lalu terdakwa menjawab masih pikir-pikir Yang Mulia. Kemudian Ketua Majelis Hakim bertanya juga kepada Jaksa Penuntut Umum KPK Joko Herawan apa menerima putusan tersebut jawabnya juga sama Kami juga pikir-pikir Yang Mulia kata Joko Herawan. (HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *