10 July 2020
  • 10 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Bisa Menyehatkan Jantung dan Cegah Kanker

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Bisa Menyehatkan Jantung dan Cegah Kanker

By on 20 January 2020 0 141 Views

ROC – Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib ada di setiap masakan. Aromanya yang wangi saat dimasak menambah kelezatan makanan yang dimasak. Namun tau kah Anda, jika makan bawang putih mentah ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Hippocrates, seorang ahli kedokteran dari Yunani kuno menggunakan bawang putih sebagai obat pada pasien kanker serviks. Selain itu berikut manfaat makan bawang putih mentah dikutip dari buku Bawang Putih 2005 sebagai berikut:

Bawang Putih per 100 gram

  • Air dengan jumlah 66,2 71 g.
  • Kalori 95 122 kal.
  • Kalsium yang bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi sebesar 26 42 mg.
  • Saltivine, mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan, sert amerangsang susunan sel.
  • Sulfur 60 120 mg
  • Protein 4,5 7 g.
  • Lemak 0,2 0,3 g.
  • Karbohidrat 23,1 24,6 g.
  • Fosfor 15 109 mg.
  • Besi 1,4 1,5 mg.
  • Vitamin A, B, dan C.
  • Kalium 346 377 mg.
  • Selenium
  • Scordinin

Berikut merdeka.com telah rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat makan bawang putih mentah,

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Menurunkan Risiko Kanker

 /></p> <p style=

Manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan yang pertama ialah mampu menurunkan risiko kanker. Konsumsi bawang putih mentah dapat memperbaiki DNA yang rusak, sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit kanker paru-paru.

Mengutip dari Klik Dokter oleh dr. Nadila Octavia, Bawang putih bagus untuk mencegah kanker paru. Untuk mendapatkan khasiatnya, coba makan bawang putih secara mentah. Memang rasanya tidak enak, tapi manfaatnya luar biasa.

Rasa bawang yang getir disebabkan adanya kandungan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin.

Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan selanjutnya, yakni mengatur ritme jantung, sehingga membantu menyehatkan jantung Anda dari gangguan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih yang telah dikeringkan mampu mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Plak tersebut berisiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Manfaat bawang putih mentah, terbukti mampu menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, sehingga memungkinkan zat besi untuk mengalir lebih baik bagi tubuh.

 

Baik untuk Kesehatan Otak

Selain menjaga ritme jantung, ternyata manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan lainnya ialah mampu menjaga kesehatan otak. Dari penelitian dari Universitas Missouri memberikan hasil, bahwa karbohidrat dari bawang putih (FruArg) mampu mengurangi kadar oksida nitrat, yang dihasilkan oleh sel mikroglia selama melawan peradangan dan stress oksidatif.

Bawang putih mentah juga membantu otak lebih kebal terhadap risiko penyakit saraf di otak, seperti demensia dan Alzheimer.

Mengobati Jerawat

Bawang putih mentah dipercaya sebagai antibiotik alami, sangat cocok bagi Anda butuh obat jerawat alami dan berkhasiat.

Kandungan allicin sebagai antijamur, antiseptik, dan antibakteri mampu membunuh kuman penyebab jerawat. Hal tersebut turut berperan dalam mengurangi peradangan dan bengkak jerawatnya. Serta meningkatkan sirkulasi darah.

Senyawa lain di dalam bawang putih, seperti vitamin, tembaga, selenium, mampu mengendalikan minyak yang berlebih. Caranya pun cukup, Anda potong bawanh putih kemudian oles-oleskan cairannya pada jerawat sebelum tidur.

Bisa juga dengan menumbuk bawang putih mentah secukupnya, kemudian balurkan pada jerawat. Jika sudah mongering, bilas menggunakan air hingga bersih.

 

Melawan Pilek dan Batuk

Senyawa aliicin yang telah disebut sebelumnya, juga sangat bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya. Jadikan sebagai obat alami yang memperkuat daya tahan tubuh Anda dan keluarga.

Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti dlu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mentah mengurangi keparahan gejala serta membantu proses penyembuhan, dan mengurangi risiko tertular. Selain memakan mentah, Anda bisa merebus 5 siung bawang putih dengan segelas air, kemudian meminumnya bersama campuran madu.

Meringankan Sakit Gigi

Bawang putih mentah menjadi solusi tepat untuk meringankan sakit gigi. Letakkan 1 siung bawang putih mentah yang sudah dihancurkan atau digeprek, kemudian letakkan pada gigi yang sakit.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan akan membantu meringankan sakit gigi karena sifat antibakteri dan analgesiknya.

Bagi Anda yang khawatir kalau mengonsumsi bawang putih mentah akan membuat bau, ini ad acara mengatasinya. Campurlah bawang putih dengan susu di mulut sebelum menelan, mengurangi bau lebih baik daripada meminum susu sesudahnya. Layaknya Anda meminum kapsul.

Itulah manfaat bawang putih bagi kesehatan semoga bermanfaat. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *