21 August 2019
  • 21 August 2019
Breaking News

Mandala Shoji Jadi Buruan Jaksa Pelanggaran Pemilu

By on 26 January 2019 0 147 Views

Jakarta, Roc – Caleg dari PAN untuk DPR RI Mandala Shoji telah divonis bersalah dalam perkara pelanggaran pidana pemilu di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Unuk itu Jaksa Sentra Penegakan Hukum Terpadu Bawaslu Jakarta Pusat bakal menjemput artis tersebut.

“Keputusan kasus hukum Mandala sudah berkekuatan tetap. Jadi harus dieksekusi,” kata Ketua Bawaslu Jakarta Pusat Halman Muhdar saat dihubungi, Jumat 25 Januari 2019.

Halman menuturkan PN Jakarta Pusat menjatuhkan vonis tiga tahun penjara dan denda Rp 5 juta subsider satu bulan kurungan pada 18 Desember 2018. Mandala yang tidak terima hasil vonis tersebut mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta pada 20 Desember 2018.

Banding yang diajukan Mandala, kata Halman, sudah ditolak pada 31 Desember 2018. Karena sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap, Jaksa pun diamanatkan untuk mengeksekusi Mandala sejak Senin, 21 Januari 2019.

“Mandala harus mempertanggungjawabkan tindakannya.”

Bawaslu dan penyidik Gakkumdu, kata Halman, telah mendampingi jaksa untuk mengeksekusi putusan pengadilan. Namun, hingga saat ini Mandala belum bisa ditemui.

“Kami sudah mencoba mendatangi rumahnya. Tapi yang bersangkutan tidak ada.”

Dalam perkara yang sama, hakim juga memvonis bersalah caleg DPRD DKI Jakarta dari PAN Lucky Andriyani. Sebab, saat itu, Lucky ikut dalam kegiatan Mandala membagikan kupon umrah kepada warga di kawasan Jakarta Pusat.

Sedangkan Mandala Shoji juga divonis bersalah untuk perkara sejenis di PN Jakarta Selatan, Senin, 21 Januari 2019. Hukuman yang diputuskan sama: tiga tahun penjara dan denda Rp 5 juta subsider satu bulan kurungan. [spy/red]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *