27 February 2020
  • 27 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Malam Ini, Kapolri dan Panglima TNI Pantau Pengamanan Gereja di DKI

Malam Ini, Kapolri dan Panglima TNI Pantau Pengamanan Gereja di DKI

By on 24 December 2019 0 42 Views

Jakarta, ROC – Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono akan melakukan pemantauan pada malam misa Natal di beberapa Gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Pemantauan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ada ribuan Gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dari ribuan Gereja, anggota memperioritaskan ratusan Gereja yang menjadi fokus pengamanan.

“Nanti malam kan sudah mulai misa. Sekalian mengecek 1.558 Gereja yang kita amankan seluruh Jakarta wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ada 316 yang menjadi skala prioritas, kenapa? 4 Gereja besar, kedua ada yang Gereja yang sebelahnya rumah ibadah lain, Masjid, misalnya ada Gereja yang masuk wilayah khusus agamanya cuma di kampung agamis, itu tentu skala prioritas,” kata Yusri di Jakarta, Selasa (24/12).

Yusri mengatakan, untuk mengamankan perayaan umat Kristiani tersebut Polri-TNI dibantu oleh organisasi masyarakat (Ormas).

“Personel 8.189 uuntuk Oprrasi Lilin Jaya 2019 ini sudah turunkan semunya, sejak kemarin hingga 1 Januari, ada bantuan dari ormas-oramas lain, orams agama, ormas pemuda, dari bansos sudah menyatakan iya, 700 personel diturunkan untuk bantu kita, tetapi penempatan mengikuti arahan para petugas keamanan Polri-TNI,” ujar dia.

Lebih lanjut Yusri mengharapkan agar seluruh masyarakat khususnya umat Kristiani melaksanakan ibadah dengan tertib. Sebab, Polri dan TNI menjamin keamanannya.

“Untuk di dalam pengaman internal, bagaiamana nanti mensetting memeriksa semua orang yang masuk ke dalam, tas-tasnya, kita kedepankan panitia dari gereja, TNI-Polri hanya mendampingi saja. Tetapi sterilisasi tetap kita jalankan,” pungkasnya.

Tim Gegana Polda Metro Jaya Sisir Gereja Katedral Jelang Misa Natal

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, di lokasi, Selasa (24/12/2019) setelah melakukan apel singkat, mereka langsung melakukan penyisiran sampai ke dalam gereja. Sedangkan, kondisi sejauh ini masih dalam sterilisasi. Jemaat belum diperkenankan untuk masuk ke aula. Meskipun sudah ada yang hadir.

Sementara itu, Humas Katedral dan Keuskupan Agung, Susyana Suwadie mengatakan, untuk keamanan memang seperti yang sudah-sudah bekerjasama dengan semua pihak.

“Internal gereja katedral sendiri memiliki 100 personil untuk keamanan internal, yaitu berupa swadaya dari umat dan juga sekuriti, kemudian untuk area luar dari gereja katedral itu didukung oleh Polri-TNI, yang saya dengar bahwa hari ini menurunkan kurang lebih 300 personil. Dan ada teman-teman dari GP Ansor yang turut membantu melancarkan keamanan, pada kali ini akan mengirimkan 30 personil,” jelas Susyana.

Terkait masalah parkir, sebenarnya tak mengalami kendala walaupun lapangan masjid Istiqlal yang biasa digunakan tengah direnovasi.

“Tapi Antisipasi yang bisa kami sarankan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan parkir bagi warga atau umat yang akan datang itu, kalau memang ada yang mengantar bisa mengantar atau drop off di depan gereja, atau kalau bisa menggunakan kendaraan umum itu akan lebih baik untuk mengurangi kepadatan dan juga diimbau tidak membawa barang barang yang besar, keperluan secukupnya,” pungkasnya. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *