13 October 2019
  • 13 October 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Makna Hari Raya Idul Adha Bagi Pendiri Yayasan Adjeng Suharno

Makna Hari Raya Idul Adha Bagi Pendiri Yayasan Adjeng Suharno

By on 22 August 2018 0 142 Views

Bandung, ROC – Momen hari raya Idul Adha, maknaya sangat luas dan beragam. Tidak hanya sebatas ritual ibadah keagamaan bagi umat Islam.

Menurut DR. Hj. Adjeng Ratna Suminar MM, Caleg DPR-RI Dapil 2 Jabar menyebutkan, ada makna yang begitu luas di balik perayaan hari raya kurban.

“Di dalam Islam, ibadah tidak hanya dimaknai sebagai hubungan spiritual antara manusia dengan Tuhan. Namun, beribadah juga bisa diartikan sebagai sarana untuk memperbaiki hubungan horizontal, antara manusia dengan sesamanya,” ujar politisi dari PDI-P ini.

Beliau mencontohkan, hari raya Idul Adha menjadi pengingat bahwa manusia harus memiliki kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitarnya.

“Idul Adha itu artinya hari raya kurban. Ada simbol kepedulian sosial terhadap sesama di sana,” ucapnya.

Sementara, Mayjen (Purn) DR. Ir. H. Suharno, MM, Caleg DPD-RI Dapil Jabar mengatakan, Ibadah dalam Islam itu bukan hanya ibadah vertikal saja tapi lebaran hari raya bagi semua umat bergembira.

“Momen Idul Adha menjadi penanda tingginya tingkat toleransi masyarakat Indonesia,” kata Suharno.

Suharno mencontohkan, di beberapa daerah, tidak jarang umat non-Muslim ikut meramaikan hari raya kurban dengan ikut menyumbangkan kambing dan sapi untuk dikurbankan. Bahkan pembagian, daging itu diberikan untuk semua orang memandang agama orang yang menerima daging kurban.

“Ini menunjukkan solidaritas kemanusiaan tak mengenal suku, agama, ras dan golongan,” terangnya.

Beliau menekankan, agar seluruh umat dapat berqurban seikhlas Nabi Ibrahim yang mengorbankan putranya Ismail karena Allah. Berkorban jiwa raga untuk Allah Swt. Sesungguhnya musuh-musuhmu akan terputus. Musuh yang ada dalam diri hati dan pikiran kita. Musuh berupa syaithan yang berwujud manusia. (Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *