27 May 2020
  • 27 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Luncurkan Produk Inovasi Penanganan Corona : Ini Pesan-pesan Terbaru Jokowi

Luncurkan Produk Inovasi Penanganan Corona : Ini Pesan-pesan Terbaru Jokowi

By on 20 May 2020 0 41 Views

Foto: Presiden Jokowi
(dok.Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan virus Corona (COVID-19). Jokowi menyampaikan pesan di momentum Hari Kebangkitan Nasional ini.

Jokowi ingin periode ini dijadikan momen kebangkitan bangsa, khususnya di sektor kesehatan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat sambutan dalam acara peluncuran Produk Riset, Teknologi, dan Inovasi untuk Percepatan dan Penanganan COVID-19 yang disiarkan melalaui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/5).

Jokowi mengajak kerja sama antar-komponen untuk berinovasi mengembangkan produk dalam negeri, khususnya untuk penanganan Corona.

Jokowi juga mengapresiasi salah satu produk riset dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dalam menemukan genom untuk pengembangan vaksin COVID-19.

Berikut ini poin-poin pesan Jokowi saat meluncurkan produk inovasi penanganan Corona:

Momentum Kebangkitan Sektor Kesehatan

Jokowi meminta bangsa Indonesia terus berpacu dalam menangani pandemi virus Corona baru (Covid-19). Jokowi ingin periode ini dijadikan momen kebangkitan bangsa, khususnya di sektor kesehatan.

“Saat ini dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah COVID-19 dan kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya-karya nyata yang konkret dan ini adalah momentum baru kebangkitan bangsa, kebangkitan bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan,” kata Jokowi.

Hari ini adalah Hari Kebangkitan Nasional. Jokowi meminta masyarakat meneladani perjuangan dr Tjipto Mangoenkoesoemo.

“Di Hari Kebangkitan Nasional ini kita bisa merujuk pada perjuangan dokter Tjipto Mangoenkoesoemo kala itu yang berjuang di garis depan untuk membasmi penyakit pes yang saat itu sedang mewabah,” sebut Jokowi.

Jokowi lanjut menjelaskan produk-produk lokal yang telah siap produksi untuk penanganan COVID-19 Jokowi mengaku bangga.

Bangga Produksi Dalam Negeri

Jokowi memamerkan deretan alat kesehatan yang dikembangkan dan diproduksi dalam negeri.

“Kita mampu hasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan. Saya lihat sendiri, ada rapid test yang waktu saya tanya produksi berapa, sudah kira-kira 100 ribu (unit). PCR test kit sama, apakah sudah produksi, sudah, apakah sudah uji, sudah 100 ribu (unit). Kemudian ada emergency ventilator yang kemarin saya lihat ada karya BPPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, PT Poly Jaya, yang mulai dan tinggal produksinya,” ungkapnya.

Apresiasi Eijman Temukan 7 Urutan Genom Vaksin Corona

Jokowi sangat optimistis dengan perkembangan produk riset dan inovasi dalam negeri. Jokowi juga mengapresiasi salah satu produk riset dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dalam menemukan genom untuk pengembangan vaksin COVID-19.

“Dari yang saya lihat kemarin, saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya bisa impor dan sekarang ini kita bisa mandiri dan kita bisa memproduksinya sendiri,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebut Eijkman telah mampu menemukan 7 genom untuk pengembangan vaksin Virus Corona. Jokowi pun mengapresiasi dan sangat senang atas temuan itu.

“Lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri. Saya gembira lembaga Eijkman sudah mendapatkan dari mengenai 7 urutan genom lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin,” katanya.

Selain itu, Jokowi mendengar komunitas peneliti terus bekerja sama untuk menemukan obat virus Corona serta terapi dan pengobatan COVID-19.

“Dan saya sangat senang komunitas peneliti terus bekerja menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan COVID,” ujarnya.

Jokowi berharap karya anak bangsa tersebut tidak hanya berhenti di laboratorium. Jokowi berharap produk tersebut dapat diproduksi secara massal hingga diekspor ke luar negeri.

“Karya itu jangan hanya berhenti di laboratorium dan jangan hanya sebatas prototipe saja, tapi harus terus berlanjut, harus diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa diekspor ke mancanegara,” kata Jokowi.

“Untuk itu, kolaborasi kerja sama dan kekuatan anak bangsa bisa diperlukan, lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat semuanya harus bekerja sama membangun ini,” sambungnya.

Harus Mampu Hasilkan Vaksin Sendiri

Jokowi meluncurkan alat kesehatan untuk menangani Corona yang diproduksi oleh anak Indonesia. Jokowi pun mengajak masyarakat Indonesia bangga dengan segala karya anak bangsa.

“Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, tangan-tangan kita sendiri kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan,” ujar Jokowi.

Adapun karya anak bangsa itu adalah alat kesehatan untuk menangani Corona di Indonesia. Ada 9 alat kesehatan yang diproduksi Indonesia yaitu, PCR test kit, rapid test kit, ventilator emergency, produk imunomdulator, plasma convalescence, mobile Lab BSL-2, artificial intelligence untuk deteksi COVID-19, autonomous UVC mobile robot (AUMR), serta purifying respirator.

Jokowi memastikan semua alat kesehatan karya anak bangsa ini sudah bisa berproduksi dengan kemampuan uji yang baik. Jokowi mengaku optimis dengan adanya alat kesehatan produk RI ini mampu membantu Indonesia memerangi COVID-19.

“Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan, dan kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri, dan bisa produksinya sendiri, dan kita juga harus mampu hasilkan vaksin sendiri,” ucapnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri. Jokowi juga meminta agar riset ini terus berjalan dan mampu menghasilkan produk yang lebih banyak lagi.

“Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium, jangan juga sebatas prototipe saja, tapi terus berlanjut harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita, dan juga bisa kita ekspor ke mancanegara. Untuk itu kerja sama dan kolaborasi antarkekuatan anak bangsa harus diperkuat, lembaga litbang perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri masyarakat semuanya harus kerja sama bangun ini,” tuturnya.

“Sudah saatnya dunia industri berinvestasi, sudah saatnya masyarakat juga mulai mencintai produk-produk dalam negeri, dan kita harus bangga buatan Indonesia, kita harus terus menerus perbaiki ekosistem yang kondusif, ekosistem bagi tumbuhnya, bagi berkembangnya inovasi, ekosistem industrialisais itu yang kita inginkan, dan juga mentalitas bangga produk dalam negeri,” pungkasnya.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *