15 April 2021
  • 15 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Lobi-lobi para Jenderal Polisi tak Berpengaruh, Jokowi Sudah Pilih Calon Kapolri

Lobi-lobi para Jenderal Polisi tak Berpengaruh, Jokowi Sudah Pilih Calon Kapolri

By on 8 January 2021 0 85 Views

ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini sudah punya pilihan dan mengantongi satu nama calon kapolri pengganti Idham Azis. Hanya, Jokowi masih enggan membuka nama yang dipilihnya itu ke publik.

“Saya yakin, 100 persen Presiden sudah punya satu nama calon kapolri,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia ( Lemkapi ) Edi Hasibuan, Jumat (8/1).

Menurut mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) tersebut, para jenderal Polri tidak perlu melakukan lobi-lobi untuk mendapatkan kursi nomor satu di kepolisian. Sebab, kata Edi, Presiden Jokowi sudah tahu dan yakin akan pilihannya itu.

Nama Calon Dewas dan Direksi Baru BPJS Ketenagakerjaan Sudah di Meja JokowiJokowi Pilih Calon Kapolri yang Manut, Bukan Polisi Reformis

“Kalau menurut saya, tidak perlu ada gerakan macam-macam untuk mendapatkan simpati presiden dan DPR. Kita yakin presiden sudah punya satu nama. Tidak perlu lobi-lobi. Presiden tahu siapa calon kapolri yang bagus,” bebernya.

Edi menilai sosok calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang dipilih Jokowi adalah yang memiliki chemistry dengan sang kepala negara. Sosok itu, sambung Edi, mampu diharapkan untuk mewujudkan visi dan misi Jokowi.

“Sosok yang bisa mewujudkan visi misi presiden dalam mewujudkan Polri yang profesional dan dicintai rakyat. Jadi tidak perlu banyak bicara. Tapi kinerjanya dirasakan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Kapolri Jenderal Idham Azis akan pensiun dari Korps Bhayangkara pada akhir Januari 2021. Oleh karenanya, dalam waktu dekat harus ada nama calon kapolri pengganti dirinya.

Idham Azis sendiri sudah mengirimkan surat permohonan pergantian kapolri ke Presiden Jokowi. Namun memang, pihak istana maupun Presiden Jokowi belum mengungkap secara resmi nama-nama calon kapolri yang akan menggantikan Jenderal Idham Azis.

Sejauh ini sejumlah nama yang muncul sebagai kandidat kuat pengganti Idham Azis di antaranya Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, dan Kabarhakam Komjen Pol Agus Andrianto.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *