23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Liga Inggris: Gol Sundulan Mason bawa Kemenangan Manchester United atas Brighton

Liga Inggris: Gol Sundulan Mason bawa Kemenangan Manchester United atas Brighton

By on 5 April 2021 0 22 Views

Striker Manchester United, Mason Greenwood, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Brighton and Hove Albion dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris 2020-2021. Foto:TWITTER.COM/SQUAWKANEWS

ROC – Striker Manchester United, Mason Greenwood, membantu timnya menang 2-1 atas Brighton dengan melesakkan gol sundulan perdananya.

Manchester United berhadapan dengan Brighton and Hove Albion di Stadion Old Trafford dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris, Minggu (4/4/2021) waktu setempat atau Senin pukul 02.00 WIB.

Pertandingan itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Manchester United.

Dilansir dari Whoscored, Manchester United menguasai bola sebanyak 57,6 selama jalannya pertandingan, sedangkan Brighton mendapat 42,4 persen sisanya.

Sepanjang laga Manchester United membuat 15 percobaan dan tujuh di antaranya menemui sasaran.

Sementara itu, pada periode yang sama Brighton melepaskan lima tembakan, di mana tiga mengarah ke gawang.

Manchester United memulai laga dengan meyakinkan. Mereka berulang kali melancarkan serangan yang cukup merepotkan barisan pertahanan Brighton. Akan tetapi, bukan berarti Brighton hanya diam dan tidak memberikan perlawanan.

Malah, sekali Brighton membuat serangan mereka berhasil membobol gawang Manchester United yang dikawal Dean Henderson pada menit ke-13.

Berawal dari serangan balik, Neal Maupay menemukan ruang untuk mengirim umpan dari sisi kanan, dan tanpa pikir panjang dia langsung mengirim bola ke dalam kotak penalti Manchester United menggunakan kaki kanannya.

Umpan Maupay itu lalu diteruskan ke arah gawang oleh striker Brighton, Danny Welbeck, menggunakan sundulan.

Awalnya tandukan striker yang merupakan mantan pemain Manchester United itu dapat ditepis oleh Dean Henderson.

Namun, bola liar hasil tepisan kiper 24 tahun itu tidak ada yang mengantisipasi sehingga Welbeck yang berada di dekatnya langsung menceploskan bola ke dalam gawang menggunakan kepalanya.

Dengan kebobolan oleh Welbeck, kini Manchester United mengalami tragedi yang sama seperti apa yang mereka rasakan 23 tahun silam.

Di Liga Inggris 2020-2021 Manchester United telah dibobol oleh dua mantan pemainnya.

Pertama Wilfried Zaha (Crystal Palace) pada pekan kedua Liga Inggris 2020-2021, dan kedua Welbeck dalam pertandingan ini.

Terakhir kali Manchester United dibobol oleh dua mantan pemainnya dalam satu kampanye Liga Inggris terjadi pada musim 1997-1998.

Kedua mantan yang merobek jala Manchester United kala itu adalah Dion Dublin (Coventry City) dan Mark Hughes (Chelsea).

Dion Dublin sendiri bermain untuk Manchester United antara 1992 sampai 1994, sedangkan Mark Hughes memperkuat The Red Devils mulai 1988 sampai 1995.

Tak ada gol tambahan sampai wasit Mike Dean menyudahi jalannya babak pertama.

Untuk sementara, Manchester United tertinggal 0-1 dari Brighton karena gol yang dicetak oleh mantan pemainnya itu.

Manchester United lebih gencar menyerang pada babak kedua.

Hasilnya Manchester United pun berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-62.

Memanfaatkan umpan terobosan dari Bruno Fernandes, Marcus Rashford yang berlari di sisi kiri penyerangan tanpa pengawalan ketat langsung menyongsong bola yang berada di kotak penalti.

Tanpa pikir panjang begitu bola sudah berada dalam penguasaannya, Rashford langsung melepaskan sepakan mendatar ke arah tiang jauh menggunakan kaki kanan dan sukses merobek jala Brighton yang dijaga oleh Robert Sanchez.

Menit ke-83 Manchester United berhasil membalikkan keadaan.

Umpan silang yang dikirim Bruno Fernandes dari sisi kiri penyerangan diteruskan oleh Paul Pogba dari dalam kotak penalti menggunakan sepakan voli kaki kanan.

Sepakan Pogba yang tidak sempurna dan menghasilkan bola liar di kotak penalti Brighton kemudian dimanfaatkan Mason Greenwood untuk mencetak gol.

Dari jarak dekat Mason Greenwood terbang untuk menyundul bola, dan upaya itu berhasil masuk ke gawang Brighton meski sempat ditahan oleh Robert Sanchez.

Ini merupakan pertama kalinya selama bermain di level senior Mason Greenwood mencetak gol menggunakan kepala.

Sebelumnya, dia sudah pernah membobol gawang lawan menggunakan kaki kanan maupun kaki kiri.

Kedua kubu sama-sama tidak mampu menambah gol lagi sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan demikian, Manchester United menutup laga dengan menang 2-1 atas Brighton.

Manchester United 2-1 Brighton and Hove Albion (Marcus Rashford 62′, Mason Greenwood 83′; Danny Welbeck 13′)

Berikut ini susunan pemain Manchester United dan Brighton and Hove Albion

Manchester United (4-2-3-1): 26-Dean Henderson; 29-Aaron Wan-Bissaka, 2-Victor Lindelof, 5-Harry Maguire, 23-Luke Shaw; 6-Paul Pogba (39-Scott McTominay 84′), 17-Fred; 11-Mason Greenwood, 18-Bruno Fernandes, 10-Marcus Rashford (21-Daniel James 72′); 7-Edinson Cavani (34-Donny van de Beek 82′)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Brighton (4-4-2): 26-Robert Sanchez; 15-Jakub Moder (16-Alireza Jahanbakhsh 87′), 5-Lewis Dunk, 3-Ben White, 34-Joel Veltman; 11-Leandro Trossard (10-Alexis Mac Allister 63′), 14-Adam Lallana (29-Andi Zeqiri 88′), 8-Yves Bissouma, 13-Pascal Gross; 9-Neal Maupay, 18-Danny Welbeck

Pelatih: Graham Potter

Wasit: Mike Dean

Red

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *