25 October 2020
  • 25 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Lawan Pandemi Covid-19, Gubernur Bengkulu Cegat Virus Di Perbatasan

Lawan Pandemi Covid-19, Gubernur Bengkulu Cegat Virus Di Perbatasan

By on 30 March 2020 0 194 Views

Bengkulu, ROC — Mengingat semakin ganasnya serangan penyebaran virus corona di indonesia saat ini, Gubernur Bengkulu beserta instansi terkait terus meningkatkan upaya untuk memerangi virus tersebut, salah satunya dengan mengadakan upaya pencegahan di perbatasan kota.

Terkait hal tersebut, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, beserta instansi terkait meninjau langsung kesiapan pencegahan virus corona di perbatasan kota, yakni perbatasan antara Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu dengan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Minggu (29/3).

Kunjungan Gubernur Bengkulu ke Kabupaten Kaur, didampingi oleh Kapolda Bengkulu, Danrem 041 Gamas (Fokopimda Provinsi Bengkulu). Di samping meninjau keadaan di Kabupaten Kaur, kunjungan tersebut juga sekaligus menyerahkan Alat Perlengkapan Diri (APD) untuk perlengkapan para medis dalam penangan virus covid-19 atau corona virus di Kabupaten Kaur.

“Para medis ini adalah para petugas yang berada di garda terdepan untuk menangani dan mencegah wabah virus corona ini, jadi APD ini memang sangat di butuhkan oleh mereka,” ujar Rohidin.

Rohidin menyebutkan jumlah APD yang diserahkan sejumlah 100 unit termasuk rapid test untuk covid-19.

Selain itu, dia juga berpesan kepada masyarakat Kaur, agar selalu mengedepankan keselamatan, dengan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan dari diri sendiri, untuk menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat.

“Mari kita jaga diri kita, keluarga dan saudara-saudara kita, patuhi himbauan pemerintah, yang terutama adalah senantiasa menjaga kebersihan, pola makan yang teratur dan bergizi, serta hindari kerumunan agar kita terhindar dari virus yang sangat berbahaya ini,” imbaunya.

Rohidin juga menegaskan bahwa pemvrop dan pemda sendiri sudah melakukan upaya yang terbaik untuk melindungi warganya.

“Kita sudah membentuk satuan tugas terpadu TIM GUGUS. maka hari ini kita bersama Kapolda, Danrem, para petugas medis, perhubungan, satpol pp, meninjau langsung ke lapangan untuk memastikan bahwa baik kendaraan umum maupun pribadi, diperiksa satu persatu, bukan saja kendaraanya, tetapi yang lebih utama adalah penumpangnya,” tegas Rohidin.

Menurutnya, jika ditemukan ada yang di curigai terpapar virus covid 19, maka yang bersangkutan segera di pulangkan lagi ke daerah asalnya. Upaya tersebut, tambahnya, adalah salah satu cara yang dilakukan guna mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadi penularan, namun seandainya sehat, dan tidak ada tanda-tanda terndikasi virus corona, maka diperbolehkan masuk, tetapi orang tersebut termasuk Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Kita juga sudah menyiapkan Rumah sakit Rujukan di berbagai kabupaten dan kota. Untuk wilayah Bengkulu Selatan dan Kaur, Rumah Sakit yang di tunjuk, adalah Rumah sakit Damrah Manna Bengkulu Selatan,” pungkas Rohidin Mersyah.(Rozi)

(idj/idj)

  Daerah
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *