21 October 2020
  • 21 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Lampu Runway Bandara Samarinda Beres Dipasang 26 Desember

Lampu Runway Bandara Samarinda Beres Dipasang 26 Desember

By on 19 December 2019 0 174 Views

ROC – Pemasangan Air Field Lighting (AFL), berupa lampu runway, taxiway dan apron di Bandara APT Pranoto Samarinda, ditarget beres 26 Desember 2019 mendatang. Hal itu terungkap saat Menhub Budi Karya Sumadi meninjau bandara itu, Rabu (18/12).

Peninjauan itu terkait penugasan Presiden Jokowi kepada Menhub Budi Karya, untuk melihat dan memverifikasi lebih dekat, bandara di salah satu kota penyangga di ibu kota baru.

Dalam laporannya kepada Menhub Budi Karya, Kepala Bandara APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi menyampaikan, trafik penumpang mencapai rata-rata 4.000 per harinya di bandara dengan panjang runway 2.250 meter itu.

“Pak Menteri melihat bandara kita terkejut, terakhir jumlah penumpang sudah 4.000 per hari. Artinya, per tahun, sudah 1 jutaan,” kata Dodi.

Menurut Dodi, kebersihan dan penataan di bandara, juga mendapat apresiasi dari Menhub Budi Karya. Sementara, terkait fasilitas, seperti penerangan di sisi udara berupa AFL, juga mendapat atensi Menhub.

“Pak Menteri bertanya, untuk AFL pelaksanaannya sampai berapa persen? Saya mengatakan, saat ini sudah 85 persen, dan tanggal 26 Desember ini selesai, sesuai disampaikan oleh pihak ketiga,” ujar Dodi.

Dodi menerangkan, kondisi sebagian lapisan bawah runway dan taxiway berupa gambut, juga mendapat atensi Menhub. “Memang ada spot-spot khusus, yang ada di runway yang perlu diperbaiki. Itu akan dikonsultasikan dengan tim panel ahli,” terang Dodi.

“Karena nanti, rencananya Pak Menteri akan menambah jadi 3.000 untuk perpanjangan runway. Untuk taxiway, akan dibicarakan tindaklanjutnya terkait hasil verifikasi tim Ditjen Perhubungan Udara kemarin, dengan tim panel ahli dari UGM

Masih dijelaskan Dodi, Kemenhub memang tengah menginventarisir fasilitas dan kondisi terkini bandara, sebelum dikembangkan menjadi bandara lebih besar. “Kekurangan apa yang ada, berikut solusinya segera,” demikian Dodi. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *