21 October 2020
  • 21 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Kurangi Genangan karena Antrean Air, Pemprov DKI akan Perlebar Mulut Air

Kurangi Genangan karena Antrean Air, Pemprov DKI akan Perlebar Mulut Air

By on 19 December 2019 0 163 Views

Jakarta, ROC – Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf menyebut genangan air saat curah hujan tinggi diakibatkan adanya tali atau mulut air yang kurang lebar. Sehingga sempat terjadi genangan di sejumlah titik, seperti halnya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (17/12).

“Kebetulan memang di situ di beberapa titik mulut airnya kurang lebar, kurang banyak. Makanya airnya ngantre,” kata Juaini, Kamis (19/12).

Dia menyebut pihaknya tengah mengupayakan adanya penambahan dan pelebaran tali air di sejumlah titik yang menimbulkan genangan.

“Ada juga di Sudirman, Gatot Subroto dekat Balai Kartini. Di lima wilayah (kota administratif) yang dirasa perlu penambahan iya kita tambah,” ucapnya.

Sebelumnya, Juaini juga menyatakan sejumlah pompa air dan petugas telah siap dikerahkan saat musim penghujan. Dia memastikan bahwa ratusan pompa air pun dipastikan berfungsi dengan baik.

“Jumlah pompa air ada sekitar 450 pompa stasioner yang tersebar di 165 lokasi, dengan total kapasitas 489.01 m4/dt,” kata Juaini, Rabu (18/12/2019).

Lokasi pompa air tersebut sebagian besar berada di dekat sungai ataupun pintu air. Juani mengatakan, hal tersebut guna menyerap air ketika air meluap.

Selain pompa stasioner, Pemprov DKI juga telah menyiapkan pompa mobile. “Ada 350 pompa mobile yang tersebar di beberapa wilayah,” ucap Juani.

Juani menambahkan bahwa air yang menggenangi di Jakarta pada Selasa, 17 Desember 2019 disebabkan adanya antrean masuk ke saluran aiar.

“Ada genangan di jalan-jalan protokol sebagian besar karena antrean air yang mau masuk ke saluran air,” ujarnya. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *