16 June 2019
  • 16 June 2019
Breaking News
  • Home
  • Pemilu 2019
  • KPU Ingatkan Keadilan Pemilu Tidak Bisa Diselesaikan dengan Aksi Jalanan

KPU Ingatkan Keadilan Pemilu Tidak Bisa Diselesaikan dengan Aksi Jalanan

By on 25 May 2019 0 21 Views

JAKARTA, ROC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada para demonstran untuk menghormati keputusan dan menjaga situasi agar tetap damai. Komisoner KPU Viryan Aziz mengingatkan, jika demonstran tidak puas dengan hasil Pemilu, bisa menyelesaikan melalui jalur hukum di Mahkamah Konstitusi.

“Sebenarnya keadilan dalam pemilu dalam kerangka negara demokrasi yang salah satunya bermuara pada aspek hukum itu melalui MK,” kata Viryan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

Dia menjelaskan publik seharusnya menyerahkan seluruh proses pada Mahkamah Konstitusi untuk mendapatkan keadilan pemilu. Sebab, keadilan tidak akan diselesaikan lewat aksi-aksi di jalan.

“Jadi mendapatkan keadilan dalam pemilu atau keadilan dalam demokrasi itu tidak akan selesai lewat aksi-aksi jalanan. Hanya bisa selesai melalui mekanisme hukum dan itu ada di MK,” lanjut Viryan.

“Pada konteks itulah kami sehingga apresiasi dan menghormati langkah-langkah yang diambil seluruh peserta pemilu yang menduga, yang merasa, yang melihat, yang memiliki bukti bahwa dalam proses pemungutan serta penghitungan suara, serta rekap, terdapat dugaan-dugaan kecurangan,” tambah Viryan. [spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *