15 April 2021
  • 15 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • KPK OTT Pejabat Kemensos, Kemenkeu Akan Cek Anggaran Bansos yang Disalahgunakan

KPK OTT Pejabat Kemensos, Kemenkeu Akan Cek Anggaran Bansos yang Disalahgunakan

By on 5 December 2020 0 95 Views

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) peringatkan, akan selalu bekerja maksimal dan akan langsung menindak tegas siapapun yang melakukan segala macam bentuk pelanggaran apapun, yang merugikan negara, KPK tidak seperti badan hukum lain, akan langsung bertindak dan tak ada penangguhan hukuman. (Foto: ilustrasi KPK/ROC)

ROC — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar operasi senyap. Kali ini, pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) menjadi sasaran dari tim antirasuah itu dalam operasi tangkap tangan (OTT), Sabtu (5/12) dini hari.

Penangkapan tersebut diyakini terkait dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) penanganan Covid-19. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal mengecek anggaran bantuan sosial yang disalahgunakan. Direktur Jendral Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan tengah mengkaji anggaran bansos yang disalagunakan

“Nanti kita liat dulu persisnya untuk hal itu,” kata Askolani saat diminta konfirmasi, Jakarta, Sabtu (5/12).

Sebagai informasi, Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap seorang pejabat Kementerian Sosial pada Jumat (4/12) malam hingga Sabtu (5/12) dini hari. Penangkapan tersebut diyakini terkait dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) penanganan Covid-19.

“Betul, pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2020 jam 23.00 sampai Sabtu 5 Desember 2020 jam 02.00 dini hari KPK telah melakukan tangkap tangan terhadap tersangka PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada Program Bansos di Kemensos RI,” kata Ketua KPK, Firli Bahuri, Sabtu (5/12).

Firli membenarkan bahwa penangkapan tersebut terkait dugaan korupsi bantuan sosial Covid-19, dan para tersangka telah dibawa ke Gedung Merah Putih untuk diperiksa.

“Dugaan korupsi PPK telah menerima hadiah dari para Vendor PBJ bansos di Kemensos RI dalam penanganan Pandemic covid19,” bebernya.

Hingga saat ini, KPK belum mengumumkan secara detail konstruksi utuh serta kronologi OTT ini. KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan.

(red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *