9 July 2020
  • 9 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Kopassus Buka Jalur untuk Permudah Alat Berat Cari 3 Korban Longsor di Bogor

Kopassus Buka Jalur untuk Permudah Alat Berat Cari 3 Korban Longsor di Bogor

By on 8 January 2020 0 217 Views

ROC – Memasuki hari terakhir pencarian, Tim SAR gabungan belum menemukan tiga korban tertimbun longsor di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Rabu (8/1).

Dua unit excavator saat ini sedang diupayakan masuk untuk mempercepat proses pencarian. Saat ini, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pun sedang membuka jalan untuk alat berat tersebut.

Pasalnya, jalan yang tersedia untuk menuju lokasi longsor hanya jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, serta berjarak sekitar 2 kilometer dari posko di Kantor Desa Harkat Jaya.

“Kopassus saat ini sedang membuka jalan agar backhoe bisa masuk ke lokasi evakuasi. Rencananya ada dua unit masuk untuk mempercepat pencarian,” kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Rudi di sekitar lokasi pencarian, Rabu (8/1).

Menurutnya, alat berat dibutuhkan karena ketebalan material longsor berkisar antara 2-3 meter. Selain itu, persediaan air untuk disedot menggunakan alkon dan menyemprot tanah sangat terbatas, belum lagi cuaca yang kerap berubah dengan cepat.

Menurut Rudi, pencarian hari ini dimulai pukul 08.08 WIB dan direncanakan berakhir pada pukul 18.00 WIB.

“Ini sudah hari ketujuh dan sesuai SOP ini terakhir. Setelah ini kami tunggu arahan lagi dari atasan,” jelas Rudi.

Dia menjelaskan, khusus hari ini 200 orang tim evakuasi dikerahkan terdiri dari Basarnas, Brimob hingga TNI plus 2 anjing K9.

Tiga warga yang belum ditemukan yakni Amri (60), Saroh (26) dan Cici (10). Ketiganya menjadi korban saat longsor terjadi pada Rabu (1/1) pagi.  (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *