23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • KNKT: Sriwijaya Air SJ-182 Terbang Bukan di Area Awan Hujan

KNKT: Sriwijaya Air SJ-182 Terbang Bukan di Area Awan Hujan

By on 11 February 2021 0 52 Views

Ket gbr: Dermaga ll JICT Pelabuhan Tanjung Priok yang dijadikan posko untuk penemuan hasil pencarian jasad korban, barang milik korban serta bangkai pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak dan jatuh di Kepulauan Seribu, pada hari Sabtu 9 Januari 2021 lalu. Foto: ROC. 

ROC – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis preliminary report atau investigasi awal dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu.

Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Nurcahyo Utomo mengatakan, saat terbang Sriwijaya Air SJ 182 tidak melewati awan yang signifikan, yang dapat menimbulkan turbulensi atau pun hujan.

Data tersebut diperoleh dari laporan BMKG.

“Pergerakan pesawat yang diperoleh datanya dari ADS-B, menunjukkan bahwa, pesawat ini tidak melalui area dengan awan yang signifikan, dan bukan area awan hujan, dan juga tidak berada di in-cloud turbulence, atau di dalam awan yang berpotensi menimbulkan guncangan,” ungkap Nurcahyo saat memberikan keterangan pers, Kamis (11/2).

Meski demikian, KNKT belum menyimpulkan penyebab dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tersebut.

Diwartakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak dan jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu setelah empat menit lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang sekitar pukul 14.40 WIB, pada Sabtu 9 Januari 2020 lalu.

Pesawat dengan kode registrasi PK-CLC tersebut membawa 62 orang, yang terdiri dari 6 kru, 46 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi.

Pesawat Sriwijaya Air sempat keluar jalur yakni menuju arah barat laut pada pukul 14.40 WIB.

Pihak Air Traffic Controller (ATC) kemudian menanyakan pilot mengenai arah terbang pesawat. Namun, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak.

Red

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *