20 January 2021
  • 20 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • KNKT Koordinasi dengan NTSB Amerika terkait Investigasi Penyebab Sriwijaya Air Jatuh

KNKT Koordinasi dengan NTSB Amerika terkait Investigasi Penyebab Sriwijaya Air Jatuh

By on 10 January 2021 0 32 Views

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono sebutkan telah menemukan titik lokasi pesawat Sriwijaya Air yang jatuh. (Foto: Ist)

ROC – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang mengangkut 62 orang di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1).

Investigasi masih akan dilakukan dengan mengumpulkan data-data di lapangan.

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, telah berkoordinasi dengan Dewan Keselamatan Transportasi Amerika Serikat yaitu National Transportation Safety Board (NTSB) untuk menginvestigasi penyebab pesawat jatuh . Hal itu merupakan ketentuan dari aturan keselamatan transportasi dunia.

“Sesuai dengan aturan yang ada, kami harus memberikan informasi kepada authority atau KNKT Amerika yaitu NTSB. Ini sudah kami lakukan pemberitahuan kepada EPO di pesawat Sriwijaya bahwa penumpangnya semua Indonesia,” ujarnya di Posko Crisis Center Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/1).

Hingga saat ini, KNKT masih dalam tahap pengumpulan data mulai dari kondisi terakhir pesawat sebelum lepas landas hingga kronologi saat jatuh. Tak hanya itu, KNKT juga akan berkoordinasi dengan BMKG untuk mengumpulkan data cuaca yang terjadi.

“Kami masih dalam pengumpulan data lengkap mulai dari data cuaca, data pesawat, data penerbangan seperti apa kondisinya,” kata Soerjanto.

Rencananya, KNKT akan melakukan survei di titik jatuhnya pesawat dan menyiapkan peralatan apa saja yang akan diturunkan. Namun sebelumnya, tim SAR akan memastikan dahulu lokasi sudah aman baru kemudian survei bisa dilaksanakan.

“Rencananya kita survei di titik jatuhnya dan menyiapkan peralatan yang akan diturunkan. Namun yang paling utama jika tim SAR sudah menyatakan aman, kami baru bisa turun ke lokasi,” ucapnya.

Red

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *