10 December 2019
  • 10 December 2019
Breaking News

Kiai Asep Diperiksa KPK Terkait Jual Beli Jabatan Kemenag

By on 31 March 2019 0 185 Views

 

MOJOKERTO, ROC – Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, Kiai Asep Saifudin Chalim diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK terus mendalami kasus jual beli jabatan dilingkungan kemenag yang dilakukan oleh Rommy.

Pemeriksaan Kiai Asep dilakukan oleh KPK di Jakarta. Dan Kiai Asep tidak tahu sama sekali dan tidak mengenal tersangka Rommy sebagai Ketua Umum PPP, padahal sama-sama dari Partai PPP.

Setelah diperiksa oleh KPK, Kiai Asep mengatakan bahwa, ada beberapa pertanyaan dan dirinya menjawab tidak tahu semua. “Memang ada pertanyaan apa saya ikut mengetahui semuanya, (saya jawab) nggak, saya nggak tahu,”katanya.

Kiai Asep juga mengaku tidak kenal dengan para tersangka dalam perkara ini, kecuali seorang atas nama Haris Hasanuddin, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di Jawa Timur. “Pernah kira-kira 25 tahun yang silam jadi murid saya kurang lebih 3 tahun,” tambahnya.

Juru bicara KPK Febry Diansyah mengatakan bahwa, tim penyidik KPK memanggil dua saksi yakni, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah sekaligus Tokoh PPP Jawa Timur KH Asep Saifuddin Chalim dan PNS Kementerian Agama Kanwil DI Yogyakarta, Abdul Rochim.

“Saksi Abdul Rochim didalami terkait pengetahuannya tentang aliran dana. Sedangkan KH Asep Saifuddin Chalim didalami terkait dengan pengetahuan saksi tentang relasi tersangka Romahurmuziy (RMY) dan Haris Hasanuddin (HRS),” jelas juru bicara KPK Febry Diansyah kepada awak media, digedung KPK Jalan Kuningan Persada Jakarta.

KPK telah melakukan OTT terkait jual beli jabatan dilingkungan Kemenag. KPK juag telah menetapkan tiga tersangka, yaitu Romahurmuziy Ketum PPP, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi. (US/HP).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *