26 May 2019
  • 26 May 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Khutbah Idul Adha, Suharno: Hindari Ghibah dan Fitnah

Khutbah Idul Adha, Suharno: Hindari Ghibah dan Fitnah

By on 22 August 2018 0 99 Views

Bandung, ROC – Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Daerah Pemilihan Jawa Barat, Mayjen (Purn) DR. Ir. H. Suharno, MM melaksanakan ibadah sholat Idul Adha di kompleks Yayasan Pendidikan Adjeng Suharno, di Pacet, Majalaya, Jawa Barat, Rabu (22/08).

Sholat Ied yang dilaksanakan mulai pukul 06.30 pagi itu, dihadiri para jamaah dari daerah sekitar dan pengurus Yayasan Adjeng Suharno berlangsung dengan khidmat, dan dalam kesempatan tersebut, Mayjen (Purn) DR. Ir. Suharno, MM menjadi khatib.

Dalam khutbahnya, Suharno menyebutkan bahwa tahun ini merupakan tahun politik. Dimana segala ujaran kebencian, fitnah dan ghibah baik secara langsung maupun melalui media social ataupun media pemberitaan santer didengungkan pihak-pihak yang sengaja ingin mengacaukan peta perpolitikan di Indonesia.

“Di Tahun politik ini hindari  Ghibah dan Fitnah. Ghibah membuka aib orang lain dan dosanya lebih besar dari pada zinah dan disamakan dengan memakan bangkai sesamanya. Sedangkan fitnah lebih kejam dari pada pembunahan,” Ujar Suharno.

Beliau menuturkan bahwa ghibah dan fitnah dosanya akan terus bergulir dan perbuatannya akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak, bahkan yang mendenguskan ghibah tersebut amalannya akan habis dan hangus.

“Oleh sebab itu hindarilah hal tersebut, sesungguhnya Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar,” ucapnya.

Selain hal tersebut, Jenderal Bintang Dua tersebut menyebutkan bahwa Negara Indonesia ini merupakan tanah yang gemah ripah loh jinawi, dimana Allah SWT telah memberikan rahmat dan berkah dengan diberikannya tanah yang subur makmur, berlimpah sumber daya alam dan manusia, menurut Multatuli Indonesia merupakan rangkaian zamrud khatulistiwa dan mengutip dari tembang Koes Plus (Kolam Susu-Red), bahwa tanah kita tanah surge, tongkat kayu dan batang jadi tanaman.

Insya Allah Negara Indonesia akan selalu diberkahi, dengan pemimpin yang jujur, amanah, fathanah, sehingga Indonesia akan Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofur,” pungkasnya.

Setelah melaksanakan Sholat Ied, Bapak Suharno dan Ibu Adjeng Ratna Suminar menyaksikan pemotongan hewan Qurban, yang tahun ini untuk di daerah Pacet sendiri berqurban sebanyak 11 ekor kambing dan 4 ekor sapi. [Red]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *