5 December 2019
  • 5 December 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Kemarin Ada Kejutan, Inilah Daftar Calon Menteri yang Dipanggil ke Istana Hari Ini

Kemarin Ada Kejutan, Inilah Daftar Calon Menteri yang Dipanggil ke Istana Hari Ini

By on 22 October 2019 0 30 Views

ROC – Presiden Jokowi mulai memanggil satu persatu kandidat menterinya, pada Senin (22/10). Sejumlah tokoh hadir, mulai dari Mahfud MD, Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Thohir, Kapolri Tito Karnavian, Airlangga Hartarto, Pratikno, Nico Harjanto, Fadjroel Rachman.

Yang terakhir datang memberikan kejutan yakni rival Jokowi saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto, hadir bersama Edhy Prabowo. Prabowo mengaku telah diminta Jokowi untuk membantu di pemerintahan dalam bidang pertahanan.

Kini Presiden Jokowi kembali melanjutkan pemanggilan tokoh-tokoh kandidat menteri yang siap masuk dalam kabinet kerja jilid II, pada hari ini, Selasa (22/10). Beberapa tokoh sudah berdatangan ke Istana.

Berikut daftar mereka yang sudah datang ke Istana:

Sri Mulyani

Di hari kedua, Sri Mulyani Indrawati menjadi calon menteri yang datang pertama. Pantauan merdeka.com, mantan menteri keuangan itu tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (22/10). Mengenakan baju putih dengan celana panjang hitam, Sri Mulyani melempar senyum sambil melambaikan tangan ke arah wartawan.

Ditanya kapan diberi tahu untuk datang ke Istana, Sri berujar singkat. “Kemarin.”

Usai bertemu dengan Jokowi, Sri Mulyani mengakui diminta kembali menjadi Menteri Keuangan.

Syahrul Yasin Limpo

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Syahrul Yasin Limpo, hari ini menyambangi Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). Kehadirannya ke Istana Negara menyusul Presiden Joko Widodo melanjutkan pemanggilan terhadap calon menteri kabinet 2019-2024.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini sekitar pukul 09.30 WIB. Dia datang memakai kemeja putih dan celana hitam, pakaian serupa yang dipakai para tokoh dipanggil Jokowi untuk diminta menjadi menteri.

“Baru dapat penyampaian untuk hadir dan ketemu bapak presiden,” kata Syahrul Yasin Limpo kepada awak media di Istana Negara.

Kendati begitu, Syahrul Yasin Limpo mengaku belum mengetahui maksud Presiden Jokowi mengundangnya ke Istana Negara. Hanya saja, kehadirannya ini sudah diberitahukan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

“Saya sudah minta izin ketua umum Pak Surya Paloh,” ujar dia, seraya masuk ke Istana Kepresidenan.

Agus Gumiwang

Agus Gumiwang Kartasasmita menyambangi Istana Kepresidenan. Dia merupakan calon menteri ketiga yang tiba di kantor Jokowi. Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja I itu tiba pukul 09.57 WIB, Selasa (22/10/2019).

Agus Gumiwang tersenyum kepada wartawan yang melontarkan pertanyaan kepadanya. Dia juga melambaikan tangan ke arah kamera.

Juliari Batubara

Selanjutnya, ada Juliari Batubara politikus PDIP yang datang ke Istana. Ia datang sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan kemeja putih lengan pendek.

“Saya dipanggil semalam,” katanya kepada wartawan di Istana.

Siti Nurbaya

Selanjutnya ada, Siti Nurbaya yang datang ke Istana. Siti Nurbaya merupakan politikus NasDem yang pada periode kabinet kerja jilid I menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Siti mengatakan dirinya dihubungi pihak istana semalam. Ia pun belum mengetahui akan mendapat posisi apa di kabinet kerja jilid II nantinya.

“Tadi malam (dihubungi),” katanya di Istana.

 

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *