24 February 2020
  • 24 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Headline
  • Kekeringan Masih Melanda, Warga Bojonegoro Bikin Sumur Cublik

Kekeringan Masih Melanda, Warga Bojonegoro Bikin Sumur Cublik

By on 28 October 2019 0 62 Views

Bojonegoro, ROC – Karena kekeringan masih melanda, sejumlah warga di Bojonegoro membuat sumur cublik. Sumur dangkal tersebut mengandalkan resapan air dari sawah atau dari sungai.

Seperti sumur cublik yang dibuat warga Desa Kedungbondo Kecamatan Balen, Bojonegoro. Sumur dangkal dengan dengan kedalaman satu meter itu dibuat di pinggir sawah atau bantaran Sungai Bengawan Solo.

Warga membuat sumur tersebut lantaran sudah dua bulan terakhir mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Air dari sumur cublik mereka gunakan untuk mandi dan mencuci.

“Iya ini buat sumur cublik, dalamnya sekitar satu meter. Alhamdulillah bisa dipakai nyuci dan mandi. Kalau untuk masak dan minum beli air isi ulang,” ucap Kasiyan, warga Kedung Wetan, Senin ( 28/10/2019).

Sumur cublik mendapatkan resapan air dari sawah atau Bengawan Solo. Meskipun airnya berwarna kekuningan, banyak warga yang memanfaatkannya.

Sumur-sumur cublik akan ramai dipergunakan warga saat pagi dan sore hari. Secara bergantian mereka menimba air untuk dibawa pulang ke rumah.

Selain itu, warga juga berupaya untuk mendapatkan air bersih dengan melakukan pengeboran ulang sumur bor. Bahkan ada juga yang memodifikasi pompa supaya bisa menyedot air lebih banyak.

(Red/Detik)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *