7 March 2021
  • 7 March 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Kedatangan Biden ke Gedung Putih Disambut Gembira Uni Eropa

Kedatangan Biden ke Gedung Putih Disambut Gembira Uni Eropa

By on 21 January 2021 0 45 Views

Ket gbr: Presiden Uni Eropa Charles Michel di Gedung Parlemen Uni Eropa, Brussels, 20 Januari 2021. (Foto dok: AP).

ROC — Para pejabat tinggi Uni Eropa mengaku menghela nafas lega, Rabu (20/1), dengan dilantiknya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat, tetapi mereka memperingatkan bahwa dunia telah berubah setelah empat tahun Donald Trump menjabat posisi itu dan bahwa hubungan trans-Atlantik akan berbeda di masa depan.

“Fajar baru di Amerika ini adalah momen yang telah lama kami tunggu-tunggu,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, memuji kemunculan Biden sebagai presiden.

“Sekali lagi, setelah empat tahun yang panjang, Eropa memiliki teman di Gedung Putih.”

“Amerika Serikat telah kembali, dan Eropa siap untuk terhubung kembali dengan mitra lama dan yang bisa dipercaya untuk menghidupkan kembali aliansi yang kita cintai,” katanya kepada anggota parlemen Uni Eropa, beberapa jam sebelum Biden dilantik di Washington DC.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel, yang memimpin pertemuan antara 27 kepala negara dan pemerintahan Uni Eropa, mengatakan bahwa, “hubungan trans-Atlantik telah sangat menderita dalam empat tahun terakhir. Pada tahun-tahun tersebut, dunia telah tumbuh lebih kompleks, menjadi kurang stabil, dan lebih sulit diprediksi.”

“Kita memiliki perbedaan pendapat dan perbedaan-perbedaan itu tidak akan menghilang begitu saja. Amerika tampaknya telah berubah, dan bagaimana hal itu dipersepsikan di Eropa dan seluruh dunia juga telah berubah,” kata Michel, yang sering melontarkan kritik terbuka kepada AS sewaktu Trump menduduki Gedung Putih.

Perubahan ini, kata Michel, berarti “bahwa kita, orang-orang Eropa harus memperjuangkan nasib sendiri, membela kepentingan kita dan mempromosikan nilai-nilai kita.” Ia menegaskan bahwa Uni Eropa menentukan jalannya sediri dan tidak menunggu izin untuk mengambil keputusannya sendiri.

Para pemimpin Uni Eropa telah mengundang Biden ke sebuah pertemuan puncak di Brussels, yang berlangsung bersamaan dengan pertemuan tingkat tinggi NATO. Michel mengatakan prioritas Uni Eropa adalah mengatasi pandemi virus corona dan perubahan iklim, membangun kembali ekonomi global dan meningkatkan hubungan keamanan dengan AS. (red)

 

 

👉Terimakasih sudah membaca & membagikan link republik-online.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *