23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Kata Jokowi, ini 5 Pelatihan Paling Diminati di Kartu Prakerja

Kata Jokowi, ini 5 Pelatihan Paling Diminati di Kartu Prakerja

By on 17 March 2021 0 70 Views

ROC – Program Kartu Prakerja disebut memberikan dampak positif dalam pengembangan kemampuan peserta.

Total terdapat 1.700 jenis pelatihan yang dilakukan oleh 165 lembaga pelatihan. Peserta Kartu Prakerja dapat memilih secara bebas pelatihan yang ditawarkan dalam program tersebut.

“Peserta secara bebas dipersilakan untuk memilih mana yang dipilih sesuai dengan minat dan mungkin talenta yang dimiliki,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan di Istana Negara, Rabu (17/3).

Jokowi menyebut 5 pelatihan yang paling diminati dalam program tersebut. Pelatihan yang paling banyak diminati peserta Kartu Prakerja adalah pemasaran online.

Pemasaran online disampaikan Jokowi banyak dibutuhkan industri pada saat ini. Tak hanya itu, pemasaran online juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Wirausahawan juga menghendaki itu karena memang zamannya adalah zaman digital,” terang Jokowi.

Pada posisi kedua, Jokowi menyebut pelatihan di bidang food and beverage yang banyak diminati. Jenis pelatihan ketiga yang paling diminati dalam program Kartu Prakerja adalah berkaitan dengan teknologi informasi.

Urusan perkantoran menjadi pelatihan yang paling banyak diminati keempat. Sementara pada posisi kelima pelatihan yang paling diminati adalah berkaitan dengan wirausahawan.

“Banyak sekarang anak-anak muda kita yang mulai ingin masuk ke dunia usaha,” jelas Jokowi.

Masalah pelatihan disebutkan menjadi penting pada masa saat ini. Di tengah perubahan yang cepat, tenaga kerja harus dapat beradaptasi dengan kemampuan baru yang dibutuhkan.

“Kalau keterampilan kita, skill kita tiap hari tidak kita perbaiki, perbaiki, perbaiki, hilang kita,” ungkap Jokowi.

Red

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *